Inilah 5 Kota Terdingin di Dunia! Bahkan Ada yang Bersuhu -45 Derajat Celcius!

0
21
Inilah 5 Kota Terdingin di Dunia! Bahkan Ada yang Bersuhu -45 Derajat Celcius!

Mendekati akhir tahun, saatnya merencanakan liburan berikutnya. Bagi Anda pecinta berat traveling di musim dingin, inilah tujuh destinasi yang harus Anda jelajahi.

 

Tak sedikit negara di dunia ini yang memiliki cuaca dan suhu yang sangat ekstrem (terlalu panas atau terlalu dingin), dan itu adalah tantangan berat bagi manusia yang hidup di dalamnya.

Berbicara mengenai cuaca ekstrem, inilah beberapa kota terdingin di dunia yang dihuni oleh manusia.

1. Oymyakon, Rusia

Oymyakon didaulat sebagai tempat terdingin yang dihuni manusia di muka bumi. Suhu minus 50 derajat Celcius dianggap biasa-biasa saja bagi para penduduk Oymyakon. Menurut situs resmi Visit Yakutia, suhu yang tercatat paling ekstrim terjadi pada tahun 1926 dengan angka minus 71,2 derajat Celcius.

Oymyakon berada di Rusia bagian timur, negara bagian Sakha dengan ibukota Yakutia. Dihuni oleh sekitar 500 penduduk dengan kehidupan ‘normal’. Sehari-hari mereka harus menutup hidung dengan syal, agar nafas tidak sesak akibat angin salju.

2. Yakutsk, Rusia

Temperatur rata-rata di sini mencapai -40 hingga -50 derajat Celcius. Dengan catatan temperatur terendah ialah -65 derajat Celcius. Meski kondisi amat ekstrim, terdapat sekitar 300 ribu orang yang tinggal di kota ini. Selain penuh oleh salju dan es, Yakutsk merupakan kota yang ramah museum.

Terdapat pula Museum dan Pusat Khomus dari Warga Dunia serta pameran Harta Karun Republic Sakha (Yakutia), yang mewadahi koleksi berlian terbaik di dunia. Setelah mencicipi semua kultur tersebut, mampirlah ke restoran untuk menyantap ikan putih, rusa muda, atau daging kuda muda.

Yuk, Intip Kuil Pemuja Payudara yang Sedang Populer di Jepang Ini!

3. Verkhoyansk, Rusia

Verkhoyansk berjarak 4.675 kilometer dari Moskow, merupakan kota kecil dengan populasi seribu orang yang terletak di tepi Sungai Yana. Ilmuwan masih berdebat terkait pemukiman yang merepresentasikan ‘kutub paling dingin’ apakah Verkhoyansk atau Oymyakon?

Sejak abad ke-19, Verkhoyansk merupakan tempat pengasingan bagi para pemberontak dan kaum revolusioner. Daerah ini mempunyai sumber alam berlimpah, termasuk emas, tetapi terlalu dingin untuk mengembangkan pertambangan di sini.

4. Dras, India

Tinggalkan Rusia dan mari beralih ke Asia. Asia punya Dras yang didaulat sebagai tempat kedua paling dingin di dunia. Suhu di Dras saat musim dingin bisa mencapai -45 derajat celcius. Kota yang berada di Distrik Kargil, India ini terletak pada ketinggian sekitar 3.230 meter. Seluruh kota ini dikelilingi Pegunungan Himalaya.

Traveler bisa menemukan kota ini dalam rute perjalanan Himalaya. Untuk menandakan sebagai kota paling dingin kedua di dunia (sekaligus daya tarik wisata), saat memasuki pintu gerbang kota, terpampang papan yang bertuliskan “Dras, the second coldest inhabited place in the world”.

Guys, Ini 5 Alasan Kenapa Kalian Bisa Naksir Sama Cewek Berkulit Gelap!

5. Ulan Bator, Mongolia

Ulan Bator disebut-sebut sebagai ibukota negara paling dingin di dunia dengan suhu yang bisa mencapai minus 30 derajat Celcius! Ulan Bator atau biasa disebut juga Ulaanbaatar adalah ibukota Mongolia. Negara di kawasan timur Asia yang dikepung oleh Rusia di bagian utara dan Tiongkok di bagian selatan.

Saat musim dingin, di bulan Desember dan Januari, Ulan Bator seperti kota mati. Penduduk kotanya yang sebanyak sekitar 1 juta orang, lebih memilih mendekam di rumah. Jalanan penuh dengan salju tebal dan angin yang bertiup membuat udara semakin dingin. Sejauh mata memandang di kota ini, semuanya warna putih.

 

Berminat untuk liburan ke kota-kota tersebut POPle?

(Visited 295 times, 1 visits today)