Apakah Penyebab Payudara Wanita Menjadi Lebih Besar?

0
73
wanita

Pertumbuhan payudara adalah bagian normal dari perkembangan anak perempuan dan wanita dewasa. Terjadi selama masa puber dan dapat tumbuh sepanjang hidup.

Siklus membesarnya payudara bisa terjadi karena kehamilan dan berat badan. Sementara perubahan dalam ukuran payudara biasanya tidak berbahaya. Mempelajari apa yang menyebabkan payudara bertambah besar, dapat membantu wanita menerima ukuran payudara mereka dengan mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang apa yang normal dan sehat.

Bagi banyak wanita, ukuran payudara memainkan peran penting dalam citra tubuh. Implan payudara dan bra dibuat untuk mengangkat, membentuk dan meningkatkan payudara. Ketika terjadi dengan cepat atau tidak terduga, pertumbuhan payudara dapat menjadi tidak diinginkan dan bahkan dapat menyebabkan sakit punggung atau masalah fisik lainnya. Dalam beberapa kasus, pertumbuhan payudara dapat menandakan kondisi seperti ketidakseimbangan hormon atau terjadinya tumor.

wanita

Hormonal

Mayoritas pertumbuhan payudara yang terjadi selama kehidupan seorang wanita dapat dikaitkan dengan fluktuasi hormon estrogen. Perkembangan payudara dimulai pada anak perempuan ketika ovarium matang dan melepaskan estrogen, menyebabkan kuncup kecil terbentuk. Fase berikutnya, payudara tumbuh bulat dan lebih besar sebagai respon terhadap perubahan kadar hormon. Pertumbuhan payudara juga bisa terjadi sebelum menstruasi. Demikian pula, penggunaan kontrasepsi yang mengandung estrogen dapat memicu pertumbuhan payudara pada beberapa wanita.

Kamu Punya Payudara Kecil? Gak Usah Minder, Ini Dia 6 Keuntungannya

Berat badan

Payudara sebagian besar terdiri dari jaringan lemak, membuatnya sangat rentan terhadap pertumbuhan ketika berat badan bertambah. Payudara akan tumbuh sebagai hasil dari penambahan berat badan yang bervariasi dan tidak terbatas pada wanita. Pertumbuhan payudara yang berhubungan dengan kehamilan umumnya disebabkan oleh perubahan hormonal daripada hanya sekedar berat badan. Wanita yang menyusui dapat terus mengalami perubahan dalam ukuran atau bentuk payudara, seperti timbulnya stretch mark dan menjadi kendur.

Memainkan Payudara Saat Berhubungan Intim

Pencegahan dan solusi

Untuk sebagian besar, ukuran payudara ditentukan oleh faktor genetik dan tidak dapat diubah tanpa operasi. Mempertahankan berat badan yang sehat dengan konsumsi makanan yang seimbang dan berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah pertumbuhan payudara yang tidak diinginkan. Melakukan latihan untuk memperkuat bagian dada seperti push up serta angkat beban dapat membantu mengurangi kendur dan memberikan penampilan payudara yang lebih kencang.

(Visited 26,000 times, 1 visits today)