Penasaran Kenapa Pasanganmu Berkumis? Mungkin Ini Alasannya

0
8
Sumber Gambar: circleback.com

Waktu masa puber dulu, setiap perempuan pasti mengalami beberapa perubahan di tubuhnya. Entah payudara yang membesar, bulu-bulu yang tumbuh di sekitar alat kelamin, ketiak, dan juga kumis. Walaupun nggak banyak, kumis juga bisa tumbuh di atas bibir pasanganmu, loh. Bentuknya nggak melintang kayak kumis laki-laki, tapi dalam bentuk bulu halus. Kadang ada perempuan punya kumis memang bikin heran.

Sebenarnya cewek punya kumis itu dipengaruhi sama hormon jenis steroid yang bernama androgen. Seperti dikutip dari laman Sains, biasanya hormon ini banyak dimiliki sama laki-laki. Tapi, jangan salah soalnya cewek juga punya hormon androgen walaupun jumlahnya lebih sedikit. Nah, di antara teman-teman cewek ternyat ada yang punya hormon androgen banyak kayak cowok. Nggak heran kalau akhirnya memicu pertumbuhan bulu-bulu halus di atas bibir. Jadilah dia cewek punya kumis.

Sumber Gambar: Grammarly

Banyaknya hormon androgen bisa disebabkan banyak hal. Salah satu di antaranya adalah faktor keturunan. Tapi, ada juga yang karena mengonsumsi obat-obatan yang mengandung steroid. Biasanya obat-obatan yang mengandung steroid dipakai untuk membantuk tubuh biar lebih atletis kayak atlet atau olahragawan.

Jadi, kalo memang bulu-bulu yang tumbuh di atas bibir masih halus atau kumis tipis, santai aja. Tapi, kalo udah mulai tebal, lebat, dan mengganggu penampilan apalagi sampe bikin nggak PD, kayaknya saatnya ngobrol sama dokter spesialis supaya dapat penanganan yang tepat. Cewek punya kumis yang kayak begini biasanya disembuhkan dengan terapi atau minum obat penyeimbang hormon.

(Visited 12 times, 1 visits today)