Punya Obsesive Compulsive Disorder, Apa Saja Sih Cirinya?

0
1

Obsesive Compulsive Disorder (OCD) atau gangguan obsesif kompulsif merupakan sebuah gangguan psikologis yang menyebabkan seseorang bersikap obsesif dan kompulsi terhadap sebuah hal. Contoh paling sederhana adalah setiap kali kamu melakukan suatu hal, kamu harus melakukannya lebih dari satu kali utuk memastikan bahwa kamu memang melakukannya.

Memang gejala OCD tidak sesederhana seperti itu, tetapi beberapa ciri perilaku ini mungkin bisa menunjukkan kemungkinan memiliki OCD.

Melakukan Hal Yang Sama Berulang Kali

OCD

Orang yang memiliki OCD bisa melakukan hal yang sama berulang kali tanpa mereka sadari. Ini terjadi karena mereka tidak yakin apakah mereka sudah melakukannya atau belum.

Contoh kecil dari perilaku ini adalah mencuci tangan berulang kali atau memeriksa setiap pintu padahal sudah dilakukan lebih dari 3 kali dalam waktu berdekatan.

Memiliki Ritual Atau Kebiasaan Khusus

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki kebiasaan khusus ketika melakukan sesuatu seperti tidak bisa menginjak garis di ubin lantai? Segala sesuatu harus disusun berdasarkan pola atau warna tertentu?

Hal – hal tersebut bisa dibilang emrupakan sebuah bentuk dari sikap obsesif yang berlebihan.

Sulit Diyakinkan

Orang yang menderita OCD cenderung sulit diyakinkan untk mengubah sudut pandang mereka mengenai berbagai hal. Karena mereka merasa tidak yakin dan selalu berusaha mencari kepastian atas kegelisahan yang mereka alami.

Kamu bisa menyarankan berbagai hal untuk membuat mereka nyaman, tetapi akan ada selalu jawaban, “Iya sih, tapi…”

Mudah Gelisah

Apakah kamu memiliki tiga ciri diatas tadi dan sering merasa gelisah bila segala hal-hal tersebut tidak berjalan sesuai dengan yang kamu harapkan? Gejala mudah gelisah bisa dibilang merupakan gejala yang sangat kuat bagi penderita OCD.

Memang tidak mudah bagi untuk mengetahui apakah kita benar-benar menderita OCD atau tidak karena gejalanya sangat umum. Tetapi satu hal pasti adalah bila kita menjadi terlalu obsesif terhadap suatu hal dan kompulsif dalam melakukannya, serta mengganggu aktivitas sehari-hari maka itu adalah sebuah bentuk Obsesive Compulsive Disorder.

Bila kamu merasakan hal ini sebaiknya segera dapatkan pertolongan dari psikolog untuk membantu kamu untuk beraktivitas normal.

Baca Juga : Lima Penyakit Sepele Yang Bisa Bikin Pria Malu

(Visited 63 times, 1 visits today)