Ups! Ini, lho, yang Bakal Terjadi Saat Pria Minum 2 Jenis Alkohol Sekaligus!

0
2

Banyak orang yang mengonsumsi alkohol sebagai cara untuk mengurangi stres atau mencari kesenangan sejenak. Namun, tidak jarang kebiasaan itu akhirnya justru menimbulkan kerugian-kerugian, khususnya bagi pria yang minum dua atau lebih jenis alkohol sekaligus.

Banyak terjadi kasus pemukulan atau penganiayaan yang dilakukan oleh orang-orang mabuk, baik ke orang yang juga mabuk maupun sadar. Saat seseorang mabuk, mereka juga bisa mengeluarkan lontaran-lontaran yang mungkin akan menyakiti orang sekitar atau membeberkan rahasia dirinya maupun orang lain. Nah, kamu tau nggak, POPle, kenapa bisa seperti itu?

Fungsi Prefrontal Cortex pada Otak Bermasalah

Menurut sebuah studi dari University of New South Wales Australia, alkohol bisa menurunkan fungsi prefrontal cortex pada otak. Seseorang umumnya hanya membutuhkan dua jenis alkohol untuk bisa menghalangi fungsi kerja bagian otak itu. Padahal, prefrontal cortex bekerja untuk membantu manusia menentukan pilihan dan membuat keputusan, mengontrol tingkah laku sosialnya, serta menghentikan atau menahan diri untuk tidak bicara sembarangan.

Berlaku untuk Mereka yang Agresif

Lalu, ditemukan juga bahwa laki-laki yang minum alkohol dan memilih untuk bertingkah agresif akan mengalami penurunan aktivitas prefrontal, sementara orang-orang yang minum placebo tidak. Hasil studi ini didapatkan dari penelitian terhadap beberapa pria di usia 50 tahun. Jadi, prefrontal contex ternyata bertanggung jawba untuk agresi yang disebabkna alkohol.

Tips Memilih Running Shoes yang Sesuai dengan Kebutuhan Olahragamu

Alkohol Faktor Utama Kekerasan!

Menurut data sebuah studi, konsumsi alkohol merupakan 50 persen faktor terjadinya kekerasan dalam seluruh kasus kekerasan yang ada. Dengan studi ini beserta data-data lain yang menguatkan, para peneliti akhirnya mengerti mengapa orang yang minum alkohol bisa melakukan kekerasan.

Lebih Baik Tidak Minum Alkohol

Menurut seorang peneliti, saat kita sadar, kita dapat mengontrol kelakuan dan menahan diri. Tetapi, ada juga, kok, kemungkinan kalau minum alkohol tidak membuat seseorang bersikap agresif. Sebab, kembali lagi, efek dari konsumsi alkohol juga berpengaruh pada pembawaan biologis maupun neurologi seseorang. Selain itu, bisa juga dipengaruhi dengan budaya, lho! Jadi, lebih baik kamu mengurangi atau tidak minum alkohol sama sekali.

Bingung Cari Tempat Lari yang Nyaman? Inilah Jogging Track Terbaik di Jakarta!

Butuh info lainnya? Langsung aja dapetin Video petunjuknya dari aplikasi POPULARNow yang bisa langsung diunduh di Google Playstore dan iOS Store

(Visited 9 times, 1 visits today)