Akhir Bulan Sudah Di Depan Mata? Saatnya Menabung Uang Hasil Gaji

0
1
uang

Secara teori, mengelola uang sebenarnya sederhana. Tinggal berapa banyak uang yang kamu hasilkan lalu buat anggaran supaya tidak menggunakannya berlebihan.

Sayangnya, pada kenyataannya ternyata tidak semudah itu. Terkadang ada keadaan darurat yang tak terduga. Sebenarnya menabung bisa menjadi salah satu aspek yang paling sulit dilakukan. Tetapi jika kamu tidak membuat anggaran keuangan, kamu berisiko membelanjakan terlalu banyak sehingga menyebabkan masalah yang jauh lebih serius nantinya.

uang

Cari tahu penghasilan kamu

Berapa banyak uang yang kamu bawa ke rumah setiap bulan setelah pajak dan potongan lainnya? Jika kamu tidak tahu, hitung berapa banyak kamu dibayar dan berapa gaji bersih yang kamu dapat.

Hitung pengeluaran yang sedang berlangsung

Sekarang saatnya untuk membuat daftar semua tagihan dan pengeluaran rutin kamu seperti tagihan listrik, cicilan, asuransi, dll. Dengan mengurangkan angka total ini dari penghasilan bulanan, kamu akan tahu berapa banyak uang yang tersisa setiap bulannya.

Tentukan biaya hidup

Langkah selanjutnya adalah menentukan berapa banyak uang yang perlu disisihkan untuk kebutuhan seperti makan, kebutuhan rumah tangga, bensin, biaya transportasi, dll. Tidak hanya memperkirakan jumlahnya saja, tapi jangan lupa simpan tanda terima dari semua yang kamu beli untuk satu bulan penuh. Kemudian setelah bulan berakhir, lihat dan hitunglah totalnya apa saja yang kamu belanjakan.

Tanpa Disadari, 5 Hal Kecil Ini Bikin Uang Gajian Cepat Habis!

Membuat rekening bank lain

Memasukkan sebagian dari hasil gaji kamu ke dalam rekening tabungan yang baru selalu merupakan ide yang baik. Kamu akan memiliki sejumlah uang yang hanya akan dipakai untuk kebutuhan darurat saja. Biarkan uang di dalam rekening tersebut menjadi tempat kamu menabung, jadi alokasikan secukupnya secara rutin setiap bulan.

Jika tidak ada uang yang tersisa

Mungkin ini saatnya untuk mengubah gaya hidup kamu. Di sisi pendapatan, kamu juga perlu mempertimbangkan untuk mengubah karier atau mencari pekerjaan lain. Tetapi jika kamu tidak punya waktu atau energi untuk itu, maka saatnya untuk melihat dengan baik apa saja yang selama ini kamu belanjakan. Cobalah untuk mengurangi tagihan bulanan kamu.

Masak sendiri atau membawa bekal

Ketika kamu mulai mencoba belajar untuk bisa memasak, semakin banyak uang yang akan kamu hemat. Kalau malas, jenis makanan beku adalah cara terbaik untuk menghemat waktu. Bisa juga dengan memasak di akhir pekan dan buat porsinya lebih banyak sehingga kamu tinggal menyimpannya di dalam kulkas dan panaskan ketika ingin dimakan.

Belanja di lebih dari satu toko

Memang perlu waktu jika kamu benar-benar ingin menghemat uang. Dengan pergi ke toko-toko yang memiliki harga terbaik, kamu akan melihat berapa banyak sudah berhemat. Pilih beberapa toko yang terkenal menjual barang lebih murah atau banyak diskonnya, kemudian tentukan mana yang kamu cari.

Shopping Boyfriends, Tren Pacar Sewaan Untuk Menemani Wanita Belanja di Mall..

Berpegang teguh

Banyak orang merasa mudah menurunkan berat badan pada awal diet tetapi jauh lebih sulit untuk mempertahankannya seiring berjalannya waktu. Itu sama saja dengan anggaran dan menabung karena hanya berfungsi jika kamu menaatinya. Coba untuk mempertahankan agar menjadi kebiasaan.

Mulai memikirkan cara terbaik untuk menghemat uang setiap bulan? Ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan uang simpanan kamu. Batalkan segala fasilitas seperti tv berbayar, menghemat penggunaan listrik, dan coba untuk mulai pertimbangkan beralih ke transportasi umum. Jika kamu lebih sering makan di luar, saatnya untuk mempelajari cara memasak sehingga kamu dapat menghemat uang jajan dengan menyiapkan makanan sendiri.

Jangan menyerah sebelum kamu mencobanya. Lindungi uang yang kamu peroleh dengan susah payah dengan belajar lebih bijaksana dalam mengatur keuangan kamu. Buat apa kamu boros hanya untuk keinginan bukan kebutuhan. Jadi, apa cara terbaik yang sesuai dan akan kamu lakukan untuk menghemat uang setiap bulannya?

(Visited 293 times, 1 visits today)