Ingin Tambah Mesra? 5 Aturan Hubungan Asmara Ini Tak Wajib Diikuti

0
11
mesra

Agar hubungan asmara jadi mesra jelas harus diusahakan segala sesuatunya. Misalnya?

 

Mau nikah, mau itu cuma hubungan mesra saja, jika memang serius membina hubungan pastinya akan mengusahakan agar asmara yang sudah dibentuk makin kekeuh untuk dijaga. Apalagi jika sudah merasa ‘si dia adalah orang yang tepat’, pastinya ada usaha agar hubungan terus-menerus dibina baik.

Tapi sebenarnya ada beberapa patokan hubungan yang tak mesti diikuti.

Seperti?

 

ATURAN #1

Pakai ‘Aku’, bukan ‘Kamu’ pas komplen

Dengan pakai kata ‘Aku’ bukan ‘Kamu’ terbukti menolong sejumlah pasangan nyambung dengan jelas. Menurut studi pada 2009 kemarin, pakai kata ‘Kita’, seperti ‘Kita perlu cari waktu…’ atau ‘Kita coba hal itu’ jadi kata yang paling ampuh menjaga kemesraan! Demikian Robert Levenson, psikolog University of California, Berkeley.

Ini 5 Cara Simpel Redam Pertengkaran Sengit Dengan Pasangan

 

ATURAN #2

Jangan pernah pergi tidur selagi masih berantem

Beberapa masalah memang tak bisa diselesaikan dalam waktu 120 menit. Tidur selagi masalah masih gantung terkadang menolong kedua belah pihak bisa bangun dengan pikiran yang lebih segar – bukan untuk kumpulkan amunisi berargumen lagi.

Sulit tidur karena masalah belum kelar?

Tenang. Menurut Linda Young, psikoterapi, fokus memikirkan masa-masa indah bareng pasangan bisa menolong diri tertidur lelap.

Belum bisa tidur juga? Dobrak aturan ini dengan mengajak ngobrol pasangan baik-baik hingga masalah bisa kelar.

Ini 5 Cara Simpel Atasi Insomnia Alias Sulit Tidur!

 

ATURAN #3

Dukung pasangan semanusiawi mungkin

Kenapa dibilang ‘semanusiawi’ mungkin? Karena jika kita terlalu memberi dukungan yang terlalu berlebihan itu bisa merusak proses dukungan itu sendiri. Mengingat jika itu proyeknya si dia, tentunya hanya si dia yang tahu apa yang harus dilakukannya dan apa yang tak bisa dilakukannya. Dukung sesuai kapasitas yang bisa kita dukung. Tak lebih dan juga tak kurang.

 

ATURAN #4

Jujur pada perasaan sendiri

Adakalanya harus bilang dan tak bilang apa yang ada di kepala. Jujur memang jadi kuncinya. Pastinya lihat situasi. Demikian Alexandra Solomon, psikolog klinis Institusi Keluarga Northwestern University. Kita bisa tak bilang ke sohib, orangtua dan teman kerja, tapi jangan lakukan hal tersebut ke pasangan.

 

Kata ‘maaf’ itu penting dalam sebuah hubungan

 

 

3 Jurus Hadapi Hubungan Asmara Membosankan

 

ATURAN #5

“Cinta berarti tak perlu bilang ‘maaf’”

Hmmm … Itu yang dikatakan aktor beken di era ’80-an, Ryan O’Neal. Well, itu namanya arogan. Sebaliknya justru “Cinta berarti selalu menyadari kesalahan dan selalu minta maaf untuk itu” Demikian hikmat dari Salomo atau Raja Sulaiman yang penuh kebijaksanaan itu.

Bisa dimengerti, mengingat pertengkaran demi pertengkaran yang tak pernah selesai karena seringkali masing-masing pasangan tak mengakui (alias) tak mau minta maaf saat menyadari kesalahannya karena gengsi!

 

Bagaimana sekarang, sudah dapat bekal jadi diri yang benar-benar siap bermesraan?

(Visited 1,245 times, 1 visits today)