8 ‘Wejangan’ Bagi Kehidupan Seks Yang Lebih Baik

0
4

Kebersihan merupakan poin penting dalam kehidupan seksual, demikian kata Bill Taverner, executive director of The Center for Sex Education. Sayangnya, kata dia, masih banyak sekali pasangan yang tak mengerti makna dari kebersihan seksual tersebut. Karenanya, Taverner pun tergerak untuk memberikan ‘wejangan’ terkait permasalahan itu. Nah, berikut 8 tips kebersihan seksual yang perlu Anda ketahui:

Rajin bersihkan area genital

Untuk menghindari gatal dan infeksi, area genital harus rajin dibersihkan. Jangan pula mengenakan celana dalam keadaaan penis yang masih basah. Sementara sebelum melakukan hubungan seksual, pastikan penis Anda telah dicuci untuk mencegah penularan penyakit.

Ganti celana dalam setiap hari

Mengganti celana dalam satu kali dalam sehari wajib hukumnya. Ya, hal tersebut penting untuk mencegah infeksi, iritasi, dan bau. Taverner juga menyarankan agar Anda menggunakan celana dalam berbahan katun.

Selalu periksa kondisi penis

Biasakan untuk selalu memeriksa kondisi penis setiap hari ! Lihat apakah di sana terdapat benjolan, luka, lecet, kemerahan, atau masalah kulit lainnya. Jika menemukan ada hal yang aneh, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Berkomunikasi dengan pasangan

Berkomunikasi dengan pasangan juga masuk dalam poin kebersihan seksual. Ajaklah pasangan Anda berdiskusi mengenai seksualitas, terutama yang menyangkut masalah organ vital. Tanyakan padanya tentang kondisi alat vitalnya. Sebaliknya, ceritakan juga kondisi organ vital Anda pada Si Dia. Kendati merupakan hal yang tabu untuk dilakukan, namun hal tersebut dapat menghindarkan Anda dari penyakit seksual.

Rutin melakukan pemeriksaan fisik

Taverner menyarankan agar Anda rutin melakukan pemeriksaan fisik minimal setahun sekali. Dijelaskannya, hal tersebut penting untuk mengetahui kondisi tubuh secara keseluruhan, terutama area organ vital. “Saat melakukan kunjungan, cobalah untuk jujur dan terbuka dengan masalah seksual yang Anda alami” ujarnya.

Cukur rambut kemaluan

Rambut kemaluan yang panjang akan membuat kulit di sekitarnya jadi sulit kering dan pada akhirnya menimbulkan aroma tak sedap. Karenanya, cukurlah rambut tersebut dan minta pasangan Anda untuk melakukan hal serupa. Anda tak perlu memangkas habis rambut tersebut, sebab hal itu akan menimbulkan jerawat di area organ vital.

Gunakan kondom jika ingin melakukan hubungan seks berisiko

Biasakan gunakan ‘pengaman’ jika ingin melakukan hubungan seks berisiko. Misal: seks anal. Dengan menerapkannya, Anda dapat terhindar dari penyakit kelamin berbahaya.

Hindari penggunaan celana terlalu ketat

Memakai celana dengan potongan yang ketat akan membuat area organ vital Anda menjadi lembab dan panas. Akibatnya, kualitas sperma akan menurun dan bukan tak mungkin akan mengakibatkan gatal hingga infeksi.  

(Visited 1,313 times, 1 visits today)