3 Hal Penting yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Memelihara Anjing!

0
8
memelihara anjing

Memiliki hewan peliharaan adalah hal yang menyenangkan. Tidak jarang ditemui orang yang memiliki hobi memelihara dan merawat hewan, bahkan sampai mengembak biakan hewan untuk dikomersilkan. Setiap hewan memiliki keunikan dan karakteristik yang merupakan sifat alamiah masing – masing. Termasuk pula anjing. Anjing adalah salah satu hewan yang paling setia dan bersahabat dengan manusia (tuan dan orang – orang yang sudah dikenal). Karena sifatnya yang penyayang, anjing kerap dijadikan sebagai peliharaan di rumah dan sifatnya yang melindungi teritori serta tuannya, anjing juga dijadikan sebagai sang penjaga pendamping petugas keamanan.

Memelihara anjing tidak semudah memelihara ikan di akuarium. Jika kamu ingin memelihara anjing yang sehat dan cerdas serta penurut, ada hal – hal yang harus kamu perhatikan dan pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengadopsi anjing. Berikut hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memelihara hewan sahabat manusia yang satu ini.

1. Kondisi lingkungan tempat tinggal

memelihara anjingAnjing besar maupun kecil merupakan hewan yang aktif dan senang bermain. Rasa penasaran dan insting menjelajah juga dimiliki anjing. Oleh karena itu, pastikan kondisi lingkungan tempat tinggal kamu memadai dan cukup luas untuk mengadopsi anjing. Apakah anjing memiliki cukup ruang untuk bermain dan beraktivitas. Kamu juga perlu mempertimbangkan apakah tetangga kamu bisa menerima hewan penjaga yang cenderung menggonggong apabila ada orang asing karena gonggongannya bisa mengganggu warga sekitar tempat tinggal kamu.

Pastikan juga lingkungan tempat tinggal bersih dan higienis, karena anjing akan rentan terkena penyakit apabila kondisi lingkungannya tidak bersih dan banyak sampah yang rentan dijilat atau dimakan oleh mereka.

2. Memelihara anjing butuh biaya

memelihara anjingBaca Juga: 4 Model Janggut yang Bikin Hati Wanita Meleleh

Untuk memastikan tumbuh dan berkembang menjadi anjing yang sehat, kamu perlu mengeluarkan biaya ekstra. Mahal atau tidak biaya pemeliharaan anjing itu relatif. Ukuran anjing yang besar tentu membutuhkan makanan yang lebih banyak. Anjing juga sama seperti manusia, membutuhkan vaksinasi agar tercegah dari berbagai penyakit. Biaya vaksin cukup bikin kantong menangis, tapi vaksin ini cukup dilakukan sekali untuk periode waktu yang lama.

3. Jenis anjing yang ingin dipelihara

memelihara anjingBaca Juga: 4 Tips Pertama Kali Untuk Orang yang Belum Pernah Berhubungan

Ada berbagai watak anjing berdasarkan jenis – jenisnya. Anjing berukuran kecil cenderung lebih galak dan suka menggonggong. Anjing kecil juga sangat manja dan menjaga tuannya alias posesif. Untuk anjing besar, mereka akan menggonggong apabila merasa terancam dengan kehadiran orang asing. Tidak segan – segan, anjing besar akan mengejar orang asing yang mengganggu teritori mereka bahkan menggigit. Namun sekali lagi, anjing bisa dilatih untuk mengendalikan emosi dan temperamen mereka sehingga menjadi lebih ramah terhadap manusia di sekelilingnya (bahkan untuk anjing penjaga yang super galak sekalipun harus dilatih terlebih dahulu).

(Visited 119 times, 1 visits today)