Kurang Dari 1 Bulan, Harga Bitcoin Makin Turun. Apa Sebabnya?

0
2

Sempat menjadi disebut sebagai saah satu mata uang paling berharga di era digital, Bitcoin sempat menjadi alat investasi yang cukup fenomenal. Bahkan di bulan Desember tahun 2017, harga Bitcoin bisa mencapai $20.000 per keping.

Tetapi, dalam waktu kurang dari satu bulan harga bitcoin sudah turun dibawah $10.000! Hal ini tentunya membuat para pelaku cryptocurrency menjadi gigit jari dan harus merelakan penurunan investasi mereka. Lalu, harga bitcoin makin turun saja saat ini?

Sistem Yang Tidak Jelas

Awalnya bitcoin dibuat dengan sebuah ide untuk menciptakan mata uang yang tidak diatur oleh bank sentral atau pemerintah tertentu. Setiap orang akan bisa menggunakan dan mengatur mata uang ini dalam dunia digital. Ide ini dikembangkan oleh seseorang yang dkenal dengan nama Satoshi Nakamoto, dimana hingga saat ini tidak ada satu orang pun yang tahu pasti dimana dia berada,

Yang menjadi masalah dengan bitcoin dan seluruh cryptocurrency adalah tidak adanya lembaga yang menjamin bahwa mata uang tersebut bisa terus digunakan. Karena sistem ini sangat bergantung kepada jumlah permintaan dan penawaran dari pasar uang tersebut. Bisa dibayangkan bila tidak ada yang membutuhkan, maka bitcoin sama sekali tidak ada nilainya.

Over Supply

Nilainya yang terus menanjak, menjadikan Bitcoinsebagai salah satu komoditas digital yang dianggap menguntungkan. Bila pada awalnya para minner bersusah payah untuk menambang bitcoin, maka sekarang kita dengan mudah membeli bitcoin sehingga setiap orang dengan uang bisa memiliki bitcoin dengan mudah.

Hal ini akan membuat pemilik bitcoin akan semakin bertambah dengan kegiatan minning yang lebih banyak. Secara tidak langsung hal ini akan membuat bitcoin juga semakin banyak sehingga terjadi over supply yang membuatnya menjadi tidak berharga.

Regulasi Pemerintah

Ketatnya regulasi pemerintah di dunia yang melarang penggunaan bitcoin untuk kegiatan transaksi disebut juga menjadi salah satu pemicu harga bitcoin makin turun. Pelarang initentunya akan menyulitkan pemilik bitcoin untuk melakukan transaksi di luar dunia digital.

Penurunan nilai bitcoin menunjukkan bahwa kita memang harus selalu berhati-hati dalam melakukan investasi untuk masa depan. Karena bila sudah begini, tentu saja yang mengalami kerugian adalah diri kita sendiri kan, POPIes.

Baca Juga : Dibayar Pakai Bitcoin, Penari Cantik nan Seksi Ini Hasilkan Ratusan Juta Sebulan!

 

(Visited 9 times, 1 visits today)