Sulit Lepas Dari Utang? Cek Penyebabnya !

0
2
lepas dari utang

Apakah Anda termasuk orang yang terbiasa menggunakan kartu kredit saat berbelanja? Jika ya, ada baiknya untuk berhati-hati, sebab kebiasaan tersebut bikin Anda akan selalu dihantui dengan yang namanya utang. Solusi terbaik, gunakanlah uang tunai saat membeli sesuatu. Namun, selain pemakaian kartu kredit, ternyata ada hal lain yang juga bikin Anda sulit lepas dari utang. Apakah itu?

Tak punya cadangan dana

Agar terhindar dari jeratan utang, cobalah sisihkan sebagian penghasilan Anda untuk dana cadangan. Pasalnya, Anda tak akan tahu apa yang bakal terjadi di kemudian hari. Misal: Jika suatu saat kendaraan Anda tiba-tiba rusak atau ada keperluan mendadak lainnya, Anda bisa pergunakan dana cadangan tersebut, sehingga tak perlu meminjam uang pada orang lain.

 

Gaya hidup yang berlebihan

Jika Anda punya gaya hidup di atas standar alias punya pengeluaran lebih besar ketimbang penghasilan, jangan pernah berharap bisa lepas dari utang. Karenanya, cobalah sebisa mungkin kontrol diri Anda agar gaji yang diterima tiap bulan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan atau akan lebih baik jika Anda bisa menyisihkannya.

 

Tak mempertimbangkan bunga kartu kredit

Saat membuat kartu kredit, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan besaran bunga yang harus dibayarkan tiap bulannya. Kenapa? Bunga yang besar tentu saja akan memperburuk kondisi keuangan Anda, bahkan bukan tak mungkin Anda sendiri bakal ‘kelabakan’ saat melunasinya. Oleh karena itu, jika Anda memang ingin membuka kartu kredit, pilihlah lembaga penerbit yang memberikan bunga kecil.

 

Sering menunda pelunasan kartu kredit

Cobalah untuk jangan pernah menunda pembayaran kartu kredit.  Jika waktu jatuh tempo tiba, usahakanlah lunasi saat itu juga. Ya,itu merupakan cara tepat agar utang kartu kredit Anda tak makin membengkak. Meski begitu, tetaplah bijak dalam menggunakannya!

Bayar tagihan kredit secara minimum

“Aduh, kok utang saya nggak habis-habis sih”. Ya, itu lah kalimat yang kerap terlontar dari pemegang kartu kredit yang memilih cara pelunasan secara minimum payment. Jika Anda memilih cara tersebut, jangan harap bisa lepas dari jeratan utang.

Pada dasarnya, minimum payment punya konsekuensi, dimana si pengguna akan berhutang lebih lama pada lembaga yang menerbitkan kartu kredit tersebut. Meski terkesan tak terlalu membebani, namun lama kelamaan siapa pun akan merasa lelah karena pembayaran tak kunjung usai.

Kalau sudah terlanjur kena jeratan utang gimana? Coba simak tips agar bisa segera lepas dari Jeratan Utang ini deh!

 

Selain beberapa hal di atas, tak ada salahnya jika Anda minta bantuan keluarga atau teman untuk mengontrol gaya hidup Anda. Ya, mintalah mereka agar selalu mengingatkan jika Anda sudah mulai melakakukan pemborosan.

(Visited 53 times, 1 visits today)