Mukbang, Sekedar Menonton Orang Lain Makan Yang Viral Di YouTube

0
3
mukbang

Mukbang hanya dengan membuat semua orang lapar dengan menyaksikan orang makan saja berhasil mendapatkan banyak penggemar di YouTube.

Mengapa jutaan orang menonton video orang asing yang sedang makan dalam jumlah besar menjadi sebuah tontonan yang menarik? Meningkatnya popularitas ASMR (respon pengindraan sensorik otonom), di mana orang-orang mendengarkan suara-suara menyenangkan yang bertindak sebagai obat penenang dan mukbang kombinasi muok-da (bahasa Korea untuk makan) dengan lagu bang (bahasa Korea untuk siaran) telah dilihat jutaan orang di YouTube.

Pernah menjadi pelopor hiburan online, YouTube telah menyediakan platform untuk mukbang Korea Selatan yang sangat populer. Diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, mukbang merupakan siaran makan di mana YouTuber memfilmkan diri mereka sedang makan dalam jumlah besar pada satu waktu sambil dibayar.

Selama bertahun-tahun, orang-orang telah menuju YouTube untuk menghabiskan lebih dari 60 menit setiap kali menonton orang asing mengonsumsi 4.000 atau lebih kalori dalam sekali duduk. Mukbang pertama kali muncul pada tahun 2014, tetapi baru pada tahun 2015 itu menjadi semacam fenomena yang melintasi segala penjuru dunia. Para mukbang profesional ini dapat menghasilkan hingga $ 9.000 per bulan.

mukbang

Mukbang telah menjadi besar di Korea Selatan selama bertahun-tahun, sangat besar sehingga kamu dapat mencari nafkah dari streaming makan tersebut. Broadcast jockey atau YouTuber ini duduk sambil menyeruput ramen atau menu Korea lainnya dan berbicara dengan fans di atas makanan yang banyak dan besar sambil menghabiskannya selama berjam-jam.

Karena streaming bisa mendapatkan komentar secara langsung, host ini pun akan berinteraksi dengan penggemarnya. Dengan sebagian besar orang Korea menonton di perangkat seluler masing-masing, kolom komentar terasa seperti ruang obrolan dengan semua teman baru.

Ide Menu Yang Mengenyangkan Untuk Makan Siang

Banyak mukbangers memasukkan konten percakapan dalam video mereka, seperti menjawab pertanyaan atau membicarakan tentang hari mereka. Hubungan di otak antara makanan yang terlihat secara visual dan rasa lapar telah menyebabkan popularitas mukbang menjadi sangat besar.

Singkatnya, mukbang terus mengisi kekosongan perut yang tidak dapat diisi oleh makanan. Memang banyak yang tidak suka serta komentar kejam tentang berat badan dan gambar tubuh host, namun ada banyak juga yang suka dan berkomentar memberi dukungan. Itu mungkin bukan contoh yang baik untuk kesehatan ketika seseorang makan berlebihan sepanjang waktu, tetapi upaya para mukbangers secara terbuka mengatasi perjuangan mereka sendiri pada tubuh dan kesehatan mereka. Nyatanya, banyak dari YouTuber mukbang ini yang berhasil menghasilkan banyak uang setiap bulannya.

Lebih Dekat dengan yang Lagi Viral, Siva Aprilia Sang Dosen Macan…

Sebagian besar pengalaman mukbang adalah komponen ASMR dan orang-orang yang mengalami fenomena ini mengklaim bahwa mereka menerima kesenangan luar biasa dari menonton atau mendengarkan kebiasaan sehari-hari seperti berbisik, menyisir rambut, melipat pakaian dan banyak lagi.

Di Korea Selatan, mukbangers juga dapat menguangkan donasi digital dari pemirsa dengan transfer uang langsung dari penggemar. Meskipun memiliki daya tarik sensoris pada video mukbangers, dokter dan ahli diet memperingatkan bahwa tren viral ini dapat berbahaya. Namun, jika daya pikat untuk mendapatkan lebih banyak pengikut dan mungkin beberapa dolar lagi masih tetap menjadi pertimbangan utama para YouTuber mukbang.

(Visited 522 times, 1 visits today)