Ternyata Air Mani dan Sperma Itu Ada Perbedaannya lho..

0
3

Air mani dan sperma adalah dua istilah yang selalu digunakan secara bergantian, tetapi penggunaannya masih salah dipahami publik. Air mani terkadang disebut disperma.

Dalam acara diskusi ‘Penanganan Gangguan Kesuburan di Indonesia, Bayi Tabung Pintar dan Terjangkau sebagai Pilihan’ dokter Obstetri dan Ginekologi Beeleonie menjelaskan perbedaan air mani dan sperma.

Hubungan Seks Tidak Lagi Menyenangkan Jika Nekat Melakukan Hal Ini

“Kalau yang keluar (setelah pria ejakulasi) secara nyata dan dilihat mata telanjang itu namanya air mani. Kalau sperma memang ada di dalam air mani, tapi ada atau tidaknya sperma itu dilihat di bawah mikroskop,” jelas Beeleonie yang dilansir dari laman liputan6.com Senin (24/12).

Untuk melihat dan mengetahui apakah sperma yang dihasilkan sehat, menggunakan mikroskop. Sampel air mani dibawa ke laboratorim dan dianalisis dengan mikroskop.

“Kalau misalnya ada pasangan suami istri yang bilang, ‘Dok, sperma suami saya banyak banget.’ Tidak mungkin dia tahu dan lihat sperma, karena sperma hanya bisa dilihat di bawah mikroskop. Yang bisa dilihat mata langsung ya air mani,” tambah Beeleonie.

Ini Bahaya Masturbasi di Usia 30 Tahun

Air mani mengandung sel sperma dan cairan plasma lainnya. Warna air mani putih, kuning atau agak keabu-abuan, dan kental. Cairan ini dilepaskan saat pria mengalami ejakulasi.

Setelah beberapa waktu ejakulasi, air mani berubah menjadi cairan layaknya jeli yang lengket.

Sebagaimana dilansir Andrology Center, sperma adalah sel reproduksi yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Sperma ditransfer ke sistem reproduksi wanita selama hubungan seksual.

Selama proses pembuahan, inti sperma menyatu dengan inti telur untuk membentuk embrio. Embrio ini kemudian tumbuh menjadi bayi.

 

(Visited 4,084 times, 1 visits today)