3 Tips Mengatur Gaji Kecil, Biar Bisa Nafas Sampai Akhir Bulan!

0
9
gaji kecil

Siapa bilang gaji kecil gak butuh diatur? Justru gaji yang terbatas perlu diatur. 3 Tips Mengatur Gaji Kecil, Biar Bisa Nafas Sampai Akhir Bulan!

Gaji yang sedikit bila diutak-atik sedemikian rupa bisa lebih bermanfaat buat kita. Bahkan  seorang tukang potong rumput bisa keliling Eropa dengan gajinya yang minim. Kuncinya: disiplin mengatur keuangan.

Gaji kecil tetap harus diatur. Ini terutama berlaku buat fresh graduate yang baru dapat kerja. Sebagai lulusan anyar yang baru masuk dunia kerja, biasanya gaji mereka masih terbilang kecil. Masalahnya, udah kecil, gaji sering bablas tiap bulan nggak tahu ke mana.

Tapi gimana ya caranya mengatur gaji meskipun belum sampai dua digit? Nggak perlu pakai kalkulator canggih buat ngatur keuangan buat yang bergaji kecil. Coba ikuti saja tips mengatur gaji kecil di bawah ini.

1. Bikin Rencana Keuangan

Rencana keuangan penting biar kita nggak melakukan pemborosan. Orang yang boros biasanya nggak punya anggaran keuangan pribadi. Kalau sudah ada anggaran, kita bisa mengendalikan diri biar nggak melanggar batas pengeluaran per bulan. Jadi, ada dua hal utama di sini, yaitu rencana keuangan dan pengendalian diri.

Mau Minta Naik Gaji? Hindari Beberapa Hal Berikut Ini…

2. Hemat Pake Trik

Trik berhemat ada banyak, tergantung dalam hal apa. Misalnya dalam pemakaian listrik, kita bisa menghemat biaya tagihan dengan mematikan barang elektronik yang nggak digunakan dalam waktu lama. Dalam soal belanja, kita bisa memanfaatkan situs promo untuk mencari tahu promo/diskon terbaru biar harga barang lebih murah.

Mau makan, masak sendiri. Jadi, tergantung pintar-pintarnya kita memanfaatkan peluang. Yang pasti, hemat berbeda dengan pelit, ya. Kalau pelit itu misalnya sepatu udah butut, bolong, tapi masih dipakai dengan alasan ngirit.

3. Investasi

Seperti disebutkan sebelumnya, pos investasi sebaiknya diadakan dalam anggaran keuangan. Jika gak memungkinkan berinvestasi sekarang, bisa dikumpulkan dulu sedikit demi sedikit.

Misalnya tiap bulan disisihkan Rp 100 ribu buat nantinya beli emas. Kalau sudah terkumpul, duit itu tinggal dibelikan emas. Atau bisa juga beli emas langsung dengan cara kredit. Menabung saja belum cukup sebagai investasi. Sebab, bunga tabungan terhitung kecil jika dibandingkan dengan nilai inflasi per tahun.

(Visited 107 times, 1 visits today)