4 Makanan yang Akan Punah di Masa Depan – Part 2

0
7
makanan yang akan punah

Tidak dapat dipungkiri bahwa pemanasan global yang berdampak pada perubahan iklim secara drastis dan cepat juga mempengaruhi mahluk hidup lainnya, terutama tumbuhan yang mana menjadi salah satu bahan pangan utama umat manusia.

Para peneliti memprediksi bahwa di masa mendatang ada beberapa tanaman di sektor agrikultur yang akan punah akibat perubahan iklim secara mendadak.

Apa saja makanan yang akan punah di masa depan? Simak artikel berikut ini, POPle!

Sirup maple

Kalau kamu penggemar pancake, kamu pasti sudah tidak asing dengan sirup maple. Sirup ini dihasilkan dari gula yang dihasilkan oleh tumbuhan yaitu pohon maple, dimana untuk bisa tumbuh dan hidup dibutuhkan kondisi cuaca yang konsisten dan spesifik, dan sialnya, akibat pemanasan global, bumi tidak lagi bisa menyediakan hal tersebut.

Produksi sirup maple secara drastis turun beberapa dekade terakhir, dan produksinya juga dimulai selalu lebih awal setiap tahunnya. Maple membutuhkan temperatur musim dingin yang beku.

Coklat

Sederhana saja, kita mengonsumsi coklat lebih cepat dari waktu memproduksinya. Tahun 2016, manusia mengonsumsi sekitar 70,000 ton buah kakao yang diproduksi. Di tahun 2020, para ahli menyatakan angka tersebut bisa melonjak hingga 1 juta ton dan mencapai angka 2 juta ton di tahun 2030, dilansir dari Business Insider.

Makanan yang akan punah di masa depan ini diproduksi di Afrika Barat, memenuhi 70 persen kebutuhan coklat di dunia. Fenomena ini diperparah dengan kondisi di Afrika Barat dengan temperatur yang terus meningkat dan jumlah air yang terus menurun, dimana air sangat penting untuk produksi tumbuhan kakao.

 

Madu

Tahukah kamu bahwa populasi lebah memiliki pengaruh demi menjaga keberlangsungan mahluk hidup termasuk umat manusia? Populasi lebah terus menerus menurun, begitu pula produksi madu. Saat ini jumlah lebah di dunia telah berkurang sebesar 40 persen dari dekade lalu akibat Honeybee Colony Collapse Disorder (CCD).

Tidak hanya karena madu yang dihasilkan lebah berkurang, lebah juga memainkan peranan vital dalam ekosistem dan kepunahan mereka akan menyebabkan hal – hal buruk terjadi bagi kehidupan di bumi.

Bir

Fakta menyedihkan bagi kaum pria yang menyukai minuman beralkohol. Para peneliti dan pengrajin bir mengatakan tidak hanya makanan yang akan punah di masa depan, minuman pun akan ikut punah.

Kesulitan mencari sumber mata air bersih dengan jumlah yang konsisten akibat pemanasan global serta bahan – bahan seperti gandum dan jagung yang berkualitas mengakibatkan produksi bir juga menurun.

(Visited 11 times, 1 visits today)