4 Tips Berbusana Untuk Wawancara Kerja Bagi Pria

0
29
wawancara kerja

Salah satu faktor penting dalam menghadiri wawancara kerja adalah mengenakan busana yang tepat. Mengenakan busana sesuai dengan posisi yang kamu lamar akan meningkatkan persentase kamu diterima.

Alasannya sederhana, para pewawancara bisa menilai bahwa kamu tahu caranya untuk menempatkan diri, dan menjadi nilai bonus bagi kamu.

Berikut ini adalah cara berpakaian yang tepat untuk menghadiri wawancara kerja bagi pria!

1. Back to the basic

wawancara kerjaUntuk tampak rapi dan profesional, kamu tidak perlu untuk mengeluarkan banyak uang membeli pakaian bermerk. Kenakan kemeja polos, celana kain, dan ikat pinggang (pastikan kulit tidak mengelupas).

Dengan pakaian standar ini, kamu akan tampil penuh gaya, profesional, dan punya selera. Perlu dicatat, pastikan pakaian tidak longgar atau terlalu sempit, kalau memungkinkan, keluarkan uang untuk mendapatkan jahitan body fit agar tubuhmu tampak lebih gagah.

2. Cari tahu tentang dress code perusahaan

Yang paling sering diabaikan oleh para pelamar kerja adalah budaya berbusana perusahaan tempat mereka akan bekerja. Sebagai contoh, perusahaan startup cenderung memiliki tradisi budaya berbusana yang kasual ketimbang formal.

Untuk perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, biasanya mewajibkan para pekerja untuk tampil rapi mengenakan kemeja berlengan panjang, celana bahan, dan sepatu pantofel.

 

Tidak perlu menebak – nebak, cari tahu tentang budaya berbusana perusahaan tersebut melalui google atau kamu bisa memanfaatkan Linkedin, dimana bisa ditemukan pegawai yang bekerja di perusahaan tersebut. Tambahkan sebagai teman dan kirimkan pesan, kemudian kamu bisa bertanya – tanya tentang perusahaan tersebut.

 

3. Jaga kebersihan badan

Sudah tidak perlu diingatkan lagi pentingnya untuk menjaga kebersihan badan. Tubuh yang bersih akan menjauhkan segala aroma tidak sedap dan membuat dirimu tampak lebih bersinar.

Jangan sampai sang pewawancara malah ilfil duluan karena bau badanmu yang nggak terkontrol!

4. Gunakan jam tangan

wawancara kerjaSaat ini, eksistensi jam tangan tidak lagi sebagai penanda waktu karena smartphone yang kamu miliki sudah bisa meng-cover fungsi dari berbagai peralatan konvensional seperti buku catatan dan penunjuk waktu.

Akan tetapi, mengenakan jam tangan akan menciptakan impresi bahwa kamu adalah seorang yang menghargai waktu, layaknya profesional. Selain itu, jam tangan tertentu akan menunjukan bahwa kamu punya selera fashion yang bagus.

(Visited 34 times, 1 visits today)