5 Biaya Siluman yang Menyebabkan Tagihan Kartu Kredit Membangkak!

0
5
Tagihan Kartu

Hedonisme adalah gaya hidup yang sering sekali dimiliki masyarakat Indonesia. 5 Biaya Siluman yang Menyebabkan Tagihan Kartu Kredit Membangkak!

Pernah merasa kalau tagihan kartu kreditmu lebih besar dari nilai transaksi yang kamu lakukan? Jangan buru-buru mengambil kesimpulan seperti ‘kartu kredit itu jahat’ atau ‘rugi kalau transaksi menggunakan kartu kredit dibandingkan debit’.

Sebenarnya kalau kamu jeli, ada beberapa biaya kartu kredit yang dapat timbul tergantung dari cara kamu menggunakan kartu kredit serta jenis transaksi yang kamu lakukan.

Jangan takut untuk menggunakan kartu kredit asal kamu mengenali lebih dulu beberapa biaya ‘siluman’ yang dapat muncul di tagihan kartu kredit kamu. Nah, simak lima biaya siluman penyebab tagihan kartu kredit kamu bisa membengkak:

1. Biaya Tahunan

Karena hanya ditagihkan satu tahun sekali, banyak pengguna kartu kredit yang sering tidak sadar dan kaget ketika melihat jumlah tagihannya melonjak. Biaya tahunan dikenakan selama kartu kredit yang kamu pegang memiliki status aktif.

Kalau kamu sudah lama menggunakan kartu kredit, kamu bisa coba bernegosiasi dengan pihak bank untuk memunahkan biaya tahunan kartu kreditmu. Beberapa bank juga memiliki opsi untuk memunahkan biaya tahunan dengan poin reward atau kalau jumlah pemakaian kartu kredit kamu mencapai nilai tertentu.

Ini 5 Fasilitias Kartu Kredit yang Menguntungkan Bagi Karyawan!

2. Biaya Denda Telat Membayar Tagihan

Ini sering terjadi kalau kamu tidak ingat dengan pasti tanggal jatuh tempo bulanan tagihan kartu kredit kamu, atau kamu punya kebiasaan membayar tepat di tanggal jatuh tempo. Setiap bank memiliki ketentuan untuk pembayaran pada tanggal jatuh tempo.

Sebagai contoh, bank tertentu mungkin menetapkan batas jam 2 siang di tanggal jatuh tempo agar pelunasan kamu dianggap tidak telat. Selain itu, kamu juga perlu memperkirakan waktu kliring kalau membayar tagihan dari bank lain.

3. Biaya Tarik Tunai

Menggunakan kartu kredit untuk melakukan transaksi tarik tunai sebenarnya kurang bijak. Bank biasanya menetapkan biaya sekitar 3 persen hingga 6 persen sesuai nominal uang yang kamu tarik, dan bunga ini dihitung secara harian. Kalau kamu membutuhkan uang tunai untuk suatu keperluan, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengajukan KTA daripada menarik uang tunai menggunakan kartu kredit.

4. Biaya Transaksi di Toko

Ketika menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi di toko, jangan lupa untuk menanyakan apakah mereka mengenakan biaya penggunaan kartu kredit. Beberapa toko menerapkan kebijakan untuk mengenakan biaya penggunaan kartu kredit kepada konsumen, dan terkadang kamu sebagai pembeli tidak sadar kalau nilai yang digesek dengan kartu kamu lebih besar dari nilai barang yang kamu beli. Biaya ini biasanya berkisar di antara 1 persen hingga 3 persen dari nilai barang.

5. Biaya Bunga Sesuai Pemakaian

Dari semua biaya, yang paling tidak disadari oleh pengguna kartu kredit adalah biaya bunga yang timbul karena tidak melunasi penuh tagihan kartu kredit sebelumnya. Kalau kamu sering mendengar saran untuk melunasi penuh tagihan kartu kredit, itu karena kamu dapat menghindari biaya bunga ini.

(Visited 584 times, 1 visits today)