5 Fakta Luar Biasa Kecoa yang Nggak Akan Kamu Percaya!

0
4
kecoa

Apa rasanya hidup sebagai salah satu serangga yang paling dibenci dan dianggap menjijikan oleh umat manusia? Kecoa selalu dihina dan dijadikan makanan ikan dan reptil peliharaan. Namun, di samping keberadaannya yang selalu tidak diharapkan oleh umat manusia, kecoa memiliki segudang kemampuan yang tidak dimiliki oleh mahluk lain.

Berikut ini adalah fakta – fakta mengejutkan tentang serangga yang memiliki 3 pasang kaki yang berarti mereka memiliki 6 buah kaki.

Bisa hidup tanpa kepala

Jangan lagi menghina serangga yang satu ini karena mereka memiliki mekanisme tubuh yang lebih baik dari manusia sekalipun. Seekor kecoa bisa hidup tanpa kepala selama kurang lebih satu minggu dikarenakan sistem sirkulatori terbuka dan mereka bernafas memalui lubang – lubang kecil yang terdapat di beberapa bagian tubuh.

Serangga ini tidak mengandalkan kepala atau mulut untuk bernafas, dan mereka mati karena tanpa mulut, tidak memungkinan untuk minum air yang menyebabkan mereka mati kehausan. Kalau kecoa tanpa kepala diinfus, mereka bisa bertahan hidup hingga jangka waktu hidup mereka berakhir!

Kecoa bisa menahan nafas selama satu setengah jam

Mau uji nyali dan ketangkasan dalam air dengan serangga berkaki enam yang satu ini? Kamu nggak akan menang. Mereka tercipta dengan kemampuan untuk menahan nafas selama satu setengah jam dan bisa selamat dicelupkan dalam air.

Tujuannya menahan nafas adalah untuk membantu mengurangi kadar air yang hilang dari dalam tubuh.

 

Kalau jadi senjata biologis, merupakan yang paling mematikan

Kamu pasti belum tahu kalau serangga ini memiliki kemampuan mobilitas yang sangat cepat, dimana mereka mampi berlari 5 kilometer per jam. Jika rumah kamu banyak serangga warna coklat yang satu ini, bisa dipastikan mereka telah menyebarkan kuman dan bakteri ke seluruh rumah.

Bertahan hidup selama 280 juta tahun

Para peneliti mempercayai bahwa eksistensi dari mahluk yang kamu anggap menjijikan ini telah ada sejak 280 juta tahun yang lalu, di zaman karbonisasi, ratusan juta tahun sebelum manusia hidup.

Serangga super

Kecoa yang baru lahir saja bisa berlari secepat orang tua mereka. Bayi manusia memerlukan waktu kurang lebih 2 tahun untuk bisa berjalan dan berdiri tegap.

(Visited 38 times, 1 visits today)