5 Fasilitas Kantor yang Sering Kali Disalahgunakan Oleh Karyawan!

0
0
fasilitas kantor

Perusahaan memberikan beragam fasilitas untuk karyawan dalam rangka menunjang pekerjaan yang mereka lakukan. 5 Fasilitas Kantor yang Sering Kali Disalahgunakan Oleh Karyawan!

Bijaklah saat menggunakan telepon, printer, atau bermain game di saat seharusnya Anda bekerja di kantor. Pergunakanlah fasilitas-fasilitas tersebut dengan bijak agar tidak merugikan Anda.

Perusahaan memberikan beragam fasilitas untuk karyawan dalam rangka menunjang pekerjaan yang mereka lakukan. Sayangnya seringkali beberapa fasilitas itu disalahgunakan untuk kepentingan pribadi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan.

Manipulasi fasilitas kantor sudah menjadi hal yang biasa, bahkan banyak yang melakukannya tanpa merasa berdosa. Istilah aji mumpung menjadi pembenaran, padahal bila penyelewengan itu diketahui kantor, bisa jadi mereka akan ditegur, atau bahkan dipecat.

Berikut ini lima fasilitas kantor yang sering dipergunakan karyawan untuk kepentingan pribadi:

1. Telepon Kantor

Kantor biasanya memberikan kebebasan karyawan mengunakan telepon untuk kepentingan dan penunjang pekrjaan dari pihak luar. Sayangnya fasilitas kantor ini sering disalahgunakan karyawan. Misalnya saja mereka menggunakan telepon kantor untuk ngobrol berjam-jam dengan pacar, istri, atau juga teman. Jangan ditiru ya guys!

Kantor Kamu Penuh Drama? 5 Trik Ini Bantu Menghindarinya

2. Fotokopi dan Printer

Mentang-mentang gratis, karyawan sering mengeprint atau fotokopi apa pun yang tidak ada hubungannya dengan urusan kantor, misalnya saja membuat kopian buku atau mengeprint file berwarna dari internet. Padahal kantor sudah mengeluarkan modal cukup besar untuk tinta printer dan fotokopi. Belum juga kertas yang dibutuhkan dan servis bila ternyata kedua benda tadi digunakan terlalu sering.

3. Komputer – Laptop Kantor

Begitu Anda membuka komputer, maka apa pun yang Anda buka di komputer tersebut dapat dilacak oleh orang-orang IT. Ada pula sebuah program yang bisa memantau situs apa saja yang Anda buka sekaligus mengeblok situs tertentu agar tak bisa dibuka. Tak cuma itu, mereka juga bisa menyimak data apa saja yang Anda masukkan, apa yang Anda ketikkan, dan berapa lama Anda membuka internet atau sebuah website. Jangan juga menggunakan komputer atau laptop kantor untuk kepentingan pribadi Anda, apalagi untuk berlama-lama main game!

4. ATK atau Alat Tulis Kantor

Pulpen, kertas, dan aneka alat tulis kantor juga jadi fasilitas kantor yang rawan dimanipulasi. Penggunakan ATK yang tidak bijaksana membuat pengeluaran kantor untuk hal ini cukup besar. Belum lagi ada kecenderungan untuk membawa pulang ATK ke rumah karena dianggap barang tersebut murah dan kantor juga tidak pernah mempermasalahkan.

Tetap Profesional Meski Punya Pacar Sekantor. Begini Triknya…

5. Wifi atau Internet

Banyak yang beralasan kalau penggunaan sosial media bisa jadi strategi memajukan kantor. Kenyataannya lebih banyak urusan pribadi yang dilakukan di sosial media ketimbang kepentingan kantor. Buka YouTube, streaming video, atau mendownload torrent bukan hanya menganggu konsentrasi kerja, tetapi juga merugikan kantor.

 

(Visited 218 times, 1 visits today)