5 Film Kepemimpinan yang Cocok Untuk Memotivasi Karyawan!

0
14
memotivasi

Aset perusahaan paling penting terletak pada manusianya, setuju dong pastinya?! 5 Film Kepemimpinan yang Cocok Untuk Memotivasi Karyawan!

Aset perusahaan paling penting terletak pada manusianya, tentu Anda tahu itu. Bahkan, Anda mengikuti serangkaian workshop dan training untuk memastikan pengelolaan karyawan yang efektif dan efisien. Beberapa ilmu yang Anda dapatkan sudah diterapkan, tapi mengapa masih belum optimal?

Sebenarnya Anda bisa belajar mengenai manajemen tim dari sumber apa saja. Jika anggaran dan waktu untuk mengikuti training HR menjadi tantangan, cobalah belajar dari buku atau film. Keduanya bisa menjadi sarana pembelajaran yang baik untuk meningkatkan kerjasama tim.

Kelebihan belajar dari film adalah pesannya lebih mudah dipahami, dan bisa juga ditonton secara beramai-ramai. Berikut 5 film tentang teamwork yang wajib Anda tonton.

1. Coach Carter

Bagaimana cara mendapatkan respek dari anggota tim adalah salah satu ‘misteri’ dalam tugas kepemimpinan. Yang mana yang lebih baik menurut Anda: pimpinan yang ditakuti, atau yang disegani? Pada film yang diangkat dari kisah nyata ini, Ken Carter (Samuel L. Jackson) mengambil alih tim basket di SMA-nya dulu, dan menerapkan standar sangat tinggi untuk memperbaiki mental para pemain. Tentu saja hal ini tidak semudah yang diharapkan. Namun dengan keteguhan dan kedisiplinan, para anggota tim akhirnya memahami tujuan dari perubahan tersebut.

Hah! Punya Sifat Narsis Bisa Menjadikan Seseorang Jadi Pemimpin?

2. The Internship

Ingin menyegarkan hubungan tim yang mulai tegang dan kaku? Coba adakan acara nonton bareng film ini, dan kemudian ditutup dengan diskusi tentang cara membangun tim kerja yang baik. Dalam The Internship, Billy (Vince Vaughn) dan Nick (Owen Wilson) yang berusaha mendapatkan posisi di Google, harus bekerjasama dengan empat orang lainnya yang punya karakter dan latar belakang sangat berbeda. Namun pada akhirnya, tim mereka dapat unggul daripada tim-tim lain karena berhasil menyatukan visi dan misi. Selain itu, membangun ‘trust’ dalam tim sangatlah penting agar tugas dapat didelegasikan sesuai dengan keahlian masing-masing.

3. Flight of The Phoenix

memotivasi

Masih tentang motivasi, film bertema petualangan dan survival ini bisa menginspirasi tim Anda yang mungkin sedang mengalami kegagalan. Barangkali Anda ingin mengajarkan bahwa gagal itu biasa dalam pekerjaan, namun tentu harus diiringi dengan usaha untuk memperbaikinya. Oleh karena itu, anggota tim harus memiliki ketahanan, optimisme, dan semangat untuk mencari solusi. Disamping itu, pastikan suasana komunikasi dalam tim cukup konfusif, agar tercipta kepercayaan di antara anggota tim.

4. Thank You For Smoking

Film ini tergolong indie dan mungkin agak sulit untuk didapatkan. Akan tetapi, bagi Anda yang menjalankan usaha dalam bidang yang ‘kurang biasa’ harus belajar dari film ini. Kadang anggota tim merasa kurang yakin ketika menjalankan ide yang berseberangan dengan hal-hal yang diterima di masyarakat, namun jika memang masih berada di jalan yang benar, mengapa harus takut? Sebagai seorang pemimpin, karakter Nick Naylor mengajarkan: ‘the beauty of argument: if you argue correctly, you’re never wrong’.

7 Tanda Anda Berpotensi Menjadi Seorang Pemimpin!

5. Facing The Giants

Semua orang pernah gagal bahkan miliuner paling kaya atau pengusaha paling sukses pasti pernah berada di satu titik terendah dalam hidup. Jika sudah terjadi, bagaimana memotivasi tim kerja agar tetap memberikan yang terbaik? Kadang, ikatan emosional antara Anda dan para pekerja lebih dapat diandalkan dalam situasi seperti ini. Namun begitu, hal ini tidak dapat dibangun dalam semalam. Butuh proses dan waktu cukup panjang untuk membuktikan bahwa Anda adalah seseorang yang memimpin dengan hati dan pantas untuk diikuti. Bagaimana caranya? Belajarlah dari film ini!

(Visited 154 times, 1 visits today)