5 Hal Ini Bisa Bantu Kalian Keluar dari Masalah Sehabis Dipecat!

0
0
sehabis dipecat

Tak peduli sekeras apa pun kita bekerja, menurut kita sendiri, pemecatan bisa saja datang tanpa diundang. 5 Hal Ini Bisa Bantu Kalian Keluar dari Masalah Sehabis Dipecat!

Satu-satunya cara untuk menyelamatkan perusahaan adalah pemutusan hubungan kerja besar-besaran. Seperti yang dilakukan perusahaan teknologi terkemuka, Microsoft, yang mem-PHK hampir 8.000 pegawainya pada 2015.

Iya kalau keputusan PHK itu diumumkan jauh hari sebelumnya. Kalau kabar pemecatan baru diterima seminggu sebelumnya, atau bahkan pada hari itu juga? Tenang. Bukan berarti kita mesti larut dalam keputusasaan. Mental dan keuangan terancam terganggu, betul.

Tapi bukan berarti tidak ada solusi untuk mengatasinya. Ketika dipecat dari pekerjaan, tarik napas dalam-dalam, jernihkan pikiran, dan mungkin lima langkah ini bisa membantu kita keluar dari masalah.

1. Introspeksi

Memang paling gampang adalah menyalahkan orang lain. Tapi kenapa nggak introspeksi dulu aja? Untuk membantu introspeksi, coba minta bertemu empat mata dengan bos. Dalam pertemuan, mintalah alasan kenapa anda dipecat. Mungkin memang ada kesalahan yang tak anda sadari?

2. Tetap Hargai Perusahaan

Meski pahit, perusahaan tempat kita bernaung sebelumnya tetap patut dihargai. Sebab, kita bisa hidup berkat gaji dari perusahaan tersebut. BPJS juga dibantu perusahaan itu, lho. Sikap ini juga berguna ketika menghadapi wawancara kerja di perusahaan baru. Saat manajer HRD perusahaan itu bertanya, bagaimana perusahaan yang lama, kita nggak akan langsung mengucap sumpah-serapah.

Lima Tips Kenali Hambatan Kerja dan Melakukan Strategi Naik Pangkat

3. Hargai Diri Sendiri

Selain menghargai perusahaan, kita mesti menghargai diri sendiri. Memang, perusahaan banyak berjasa buat hidup kita. Tapi dalam pekerjaan itu terjadi simbiosis mutualisme alias saling menguntungkan. Jadi, kita pun berjasa buat perusahaan. Itu sebabnya masing-masing-masing pihak punya hak dan kewajiban agar hubungan ini terjaga. Jika hak pekerja nggak diberi, bisa dituntut. Begitu juga sebaliknya.

4. Kumpulkan Dana

Setelah dipecat, tentunya kita nggak punya pemasukan rutin lagi. Kalau ada job atau bisnis sampingan, akan lebih mudah. Soalnya kita masih bisa mengandalkan dana dari usaha itu. Tapi, kita tetap mesti meluangkan waktu sejenak untuk mencatat berapa jumlah dana yang kita punyai. Ini berguna untuk menentukan berapa lama kita bisa hidup dengan dana tersisa.

5 Jenis ‘Virus’ yang Banyak Dijumpai di Tempat Kerja!

5. Putuskan Pilihan untuk Menyambung Hidup

Seperti disebutkan sebelumnya, ada dua jalan yang bisa ditempuh untuk menyambung hidup. Mau cari kerja atau buka bisnis sendiri, tergantung pada diri sendiri. Kalau cari kerja, belum tentu ada lowongan yang pas di hati. Kalaupun ada, belum pasti juga situasi kerja di tempat baru cocok.

Namun, pemasukan lebih pasti dengan bekerja ikut orang lain. Ini beda dengan buka bisnis sendiri, yang artinya berani ambil risiko bisnis nggak laku. Meski demikian, peluang pemasukan lebih besar bisa didapat jika buka bisnis sendiri. Sebab, pemasukan gak bergantung pada bayaran perusahaan. Melainkan kemampuan kita mengolah bisnis itu.

 

(Visited 5 times, 1 visits today)