5 Hal Ini yang Perlu Dipersiapkan Para Calon Ayah… Catat Baik-Baik!

0
2
calon ayah

Persiapan untuk menyambut seorang anak ke dunia tentu membutuhkan banyak perhatian. 5 Hal Ini yang Perlu Dipersiapkan Para Calon Ayah… Catat Baik-Baik!

Sejak kehamilan mulai biasanya para orangtua sudah sibuk membaca buku atau bertanya pada orang lain tentang segala hal yang harus dipersiapkan. Namun, sumber informasi yang membahas persiapan kelahiran anak seringkali berfokus pada kesiapan ibu.

Padahal, peran seorang ayah dalam menyambut bayinya juga tidak bisa dianggap remeh. Saat calon ibu berjuang sekuat tenaga untuk melahirkan si bayi, si calon ayah-lah yang perlu mengurus perencanaan logistik dan memastikan semua proses berjalan lancar.

Jika Anda dan pasangan tengah menantikan kelahiran si buah hati, simak 5 hal yang perlu dipersiapkan seorang calon ayah:

1. Kehilangan Banyak Waktu Bebas

Nikmati masa-masa pra-kelahiran ini dengan baik, karena Anda tidak akan memilikinya saat si kecil lahir. Banyak pasangan suami-istri yang memilih melakukan liburan romantis alias babymoon ke negara yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya. Tidak salah, sih, selama Anda memastikan bahwa kondisi keuangan keluarga tidak akan terganggu karena perjalanan ini. Ingat bahwa akan ada banyak pengeluaran di masa mendatang.

5 Ide Hangat Aktivitas Bareng Sang Ayah Bersama Anak Perempuannya!

2. Pengetahuan Tentang Kehamilan dan Bayi

Semakin Anda mengerti tentang perkembangan kehamilan, semakin Anda bisa ikut berperan aktif dalam menjaga istri Anda dan memahami segala perubahan emosinya yang tak menentu. Selain itu, Anda juga akan semakin mudah untuk mempersiapkan biaya yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

3. Perubahan Gaya Hidup

Cara paling sederhana untuk mengatur keuangan Anda ialah dengan mengalokasikannya ke dalam tiga bagian, misalnya 50% untuk pengeluaran dasar (makanan, transportasi, listrik, dan lain-lain), 30% untuk cicilan dan tabungan (termasuk investasi), serta 20% untuk bersenang-senang. Jika saat istri hamil Anda berdua belum memiliki dana darurat, gunakan 9 bulan ke depan untuk mengumpulkannya bahkan kalau perlu dengan kerja sambilan atau bisnis rumahan.

4. Dana Perawatan Bayi

Setelah anak lahir, Anda harus segera mempersiapkan sederet kebutuhan dasarnya, seperti imunisasi, cek kesehatan, dan sebagainya. Tak hanya itu, sederet keperluan harian seperti popok, pakaian, vitamin, serta asupan makanan bergizi untuk ibu menyusui juga perlu Anda perhitungkan. Anda akan terkejut mengetahui banyaknya popok serta pakaian bayi yang perlu diganti setiap hari!

4 Tips Menjadi Seorang Ayah yang Hebat

5. Ingat bahwa Anda bukan orangtua “cadangan”, melainkan seorang ayah

Meski Anda tidak akan menjadi pusat perhatian untuk waktu yang lama, Anda tetap seorang pasangan yang memiliki hak dan tanggung jawab sama besarnya dengan seorang ibu. Kedua orangtua akan berbagi tugas dalam membesarkan seorang bayi kecil sehingga menjadi pribadi yang baik, sehat dan layak hidup mandiri.

Oleh karena itu, jangan terpengaruh nasehat dari orangtua atau teman-teman Anda sendiri yang menyarankan Anda untuk menyerahkan urusan anak kepada istri.

(Visited 207 times, 1 visits today)