5 Langkah Bijak Menjadi Atasan yang Disegani Oleh Bawahan!

0
12
langkah bijak

Menjadi seorang pemimpin atau atasan memang bukan pekerjaan yang mudah. 5 Langkah Bijak Menjadi Atasan yang Disegani Oleh Bawahan!

Menjadi seorang pemimpin atau atasan memang bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi jika Anda sama sekali belum berpengalaman, bagaimana mengatur bawahan, bagaimana menjaga komunikasi yang baik, itu adalah sesuatu yang sangat sulit. Jika Anda sampai salah dalam hal ini, maka resiko Anda dibenci bawahan sangat tinggi, dan bisa jadi seluruh pekerjaan yang berada di bawah tanggung jawab Anda menjadi kacau balau.

Menjadi atasan yang ditakuti bawahan bukanlah cara yang tepat untuk bisa mengatur bawahan Anda. Lebih pas jika Anda menjadi seorang atasan yang berwibawa dan disegani oleh bawahan Anda.

Sulit memang jika tidak terbiasa, namun ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjadi atasan yang berwibawa dan disegani bawahan, perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Disiplin Waktu

Ini terdengar seperti sesuatu yang simpel, namun jika Anda konsisten melakukan hal ini, maka Anda akan dianggap sebagai seorang yang disiplin yang akan membuat bawahan Anda segan. Terutama terkait jam kerja kantor Anda, tepat waktu ketika mulai jam kantor, demikian juga tepat waktu ketika selesai pekerjaan kantor.

Rahasia Jalur Cepat Untuk Merebut Kursi Boss!

2. Konsisten Pada Peraturan

Hal ini juga perlu Anda perhatikan, ketika membuat suatu peraturan dalam perusahaan, Anda juga harus menjalankannya penuh dengan tanggung jawab. Selain itu, konsisten pada peraturan juga menjadi hal krusial yang harus Anda jaga. Jangan membuat peraturan plin plan sehingga membuat bingung bawahan Anda, dan juga tentunya akan membuat bawahan menjadi tidak respek lagi.

3. Hindari Mendiskriminasikan Bawahan

Ini terkait erat dengan poin nomor dua, Anda harus tegas terhadap semua bawahan Anda. Jangan membeda-bedakan apalagi Anda mendiskriminasikan mereka, apapun alasannya Anda tak boleh mendiskriminasikan bawahan Anda. Pandanglah semua bawahan Anda secara profesional, gunakan kinerja mereka sebagai ukuran kualitas. Jika memang terdapat perbedaan di antara bawahan Anda, Anda harus mampu menghargai semua perbedaan yang ada.

4. Maksimalkan Komunikasi dengan Bawahan

Menjadi atasan jangan hanya berdiam diri di balik meja saja, sekali waktu Anda bisa berkunjung ke ruang bawahan Anda untuk sekedar menanyakan kabar atau pertanyaan ringan lainnya. Sekedar menyapa dan melempar senyuman yang tulus sangat bagus dan membuat hubungan Anda dengan bawahan semakin harmonis. Jika ada waktu luang, Anda juga bisa memanfaatkannya dengan makan bersama misalnya, atau berolahraga bersama dan kegiatan ringan yang lain.

Suka-Tak Suka, 10 Bos Terseksi dan Terkejam Eksis!

5. Berikan Bimbingan

Masalah teknis dalam mengeksekusi sebuah perintah kadang menjadi hal yang membingungkan ketika bawahan tidak memahaminya dengan baik. Maka jika keadaan ini terjadi, Anda harus bisa memberikan bimbingan terhadap mereka agar bisa melaksanakan tugas dari Anda dengan baik. Dengan hal ini, akan membuat bawahan memandang Anda sebagai seorang yang bertanggung jawab dan benar-benar menguasai pekerjaan dengan baik.

(Visited 126 times, 1 visits today)