7 Langkah Mudah Agar Akun Media Sosial Tak Kena Hack!

0
2
kena hack

Pernah ngalamin akun sosial media kalian di hack orang? Pasti nge-bete in banget yah! 7 Langkah Mudah Agar Akun Media Sosial Tak Kena Hack!

Dalam dunia jejaring sosial yang kian ramai saat ini, salah satu hal yang paling dihindari dan tidak ingin dialami oleh semua pengguna media sosial adalah akunnya di-hack oleh seseorang atau terblokir karena sesuatu.

Nah, sebagai tindakan preventif agar akun sosial media kamu tidak di-hack, berikut 7 langkah mudah agar akun sosial media tidak kena hack.

1. Bikin Password Minimal 12 Karakter

Jika merujuk pada kabar yang beredar, OurMine Team menyebutkan bahwa password Mark Zuckerberg untuk beberapa akun sosial medianya adalah “dadada”. Ini menunjukan bahwa sekelas CEO Facebook pun masih menggunakan password yang mudah untuk diretas. Apa kamu juga menggunakan password ringan seperti itu Mengingat password adalah hal penting untuk membuka akses ke seluruh akun milikmu, luangkan waktu untuk membuat pasword yang panjang agar kuat. Buatlah password minimal 12 karakter dengan menggunakan kombinasi angka, huruf besar dan kecil dan karakter.

2. Jangan Menyimpang Password Pada Browser

Terkadang ketika kamu mulai login ke Facebook, Twitter atau sosmed lain menggunakan perangkat komputer, sering tiba-tiba melihat tulisan muncul yang berisi kurang lebih “Apakah Anda ingin menyimpan password Anda pada situs ini?“  atau “Apakah Anda ingin komputer mengingat password Anda  pada situs ini?“ 

Itulah waktu dimana browser meminta ijin pada kamu untuk mendapatkan data akun kamu, tujuannya agar pada login berikutnya kamu tidak perlu untuk memasukkan password kembali. Jika kamu sedang menggunakan komputer publik atau di warnet lebih baik pilih saja jawaban tidak atau langsung tutup kotak peringatan tersebut. Karena dari data tersebutlah, akun kita bisa saja di hack oleh seseorang.

Sebenarnya, Apa Sih Perbedaan Hacker dan Cracker?

3. Hati-Hati Pada Phising

Phising adalah suatu metode yang di gunakan hacker untuk mencuri password dengan cara mengelabui target menggunakan fake form login (form login palsu) pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya. Pada website tersebut biasanya kamu diharuskan memasukkan username dan password atau data online lain. Yang harus kamu perhatikan adalah apakah website tersebut benar-benar website yang ingin anda tuju atau tidak.

4. Selalu Hapus Cache Pada Browser

Mengakses sosial media seperti Facebook, Instagram dan Twitter memang lebih seru menggunakan aplikasi. Tapi saat sedang berada di depan komputer, tentu akan lebih nyaman jika menggunakan browser bukan?  Nah, agar password akun sosial media kamu selalu aman, selalu hapus cache browser kamu setelah selesai menggunakannya. Karena banyak hacker yang memanfaatkan cache dan cookie browser untuk meretas akun sosial media pengguna browser.

5. Gunakan Password yang Berbeda-Beda

Tindakan preventif lain untuk mencegah akun sosmed terkena hack adalah dengan membedakan password atau kata kunci untuk setiap akun internet yang kamu miliki. Bedakan password antara akun email, akun sosmed, dan akun-akun lainnya. Jika akun sosial media kamu terkena hack, maka email kamu masih akan selamat, dan kamu dapat melakukan pemulihan akun sosial dengan menggunakan email tersebut.

6. Pastikan Memasukan Nomor Handphone Anda

Saat ini tindakan yang paling baik untuk mengamankan akun kamu adalah dengan memasukkan nomor handphonemu ke dalam akun kamu. Sehingga setiap ada perubahan password, atau hal-hal lain yang mencurigakan, kamu akan segera mengetahuinya. Karena kamu akan segera menerima notifikasi SMS untuk memberikan ijin atau menverifikasi akun kamu.

5 Hacker Paling Panas Sepanjang Sejarah Dunia Maya!

7. Ganti Password Secara Berkala

Para pakar keamanan internet sangat menganjurkan untuk melakukan perubahan password atau kata kunci setiap 2 atau 3 bulan sekali. Penggantian password diharapkan tetap sesuai kaidah keamanan yaitu memiliki panjang minimal 8 karakter, bukan merupakan data personal, dan merupakan kombinasi antara huruf, angka, atau karakter khusus lainnya. Dengan demikian diharapkan para peretas atau hacker akan lebih kesulitan untuk memperkirakan password yang kamu gunakan untuk mengakses akun sosial media.

(Visited 230 times, 1 visits today)