7 Tips Ampuh Hindari Mabuk Saat Pergi Mudik dengan Mobil

0
6
Hindari Mabuk

Berkendara jarak jauh seperti mudik pasti membuat sebagian orang merasa pusing, lelah, dan juga mual. 7 Tips Ampuh Hindari Mabuk Saat Pergi Mudik dengan Mobil

Berkendara jarak jauh seperti mudik pasti membuat sebagian orang merasa pusing, lelah, dan juga mual. Ada juga memang yang selalu mual ketika naik kendaraan seperti mobil atau bus. Para peneliti mengatakan hal tersebut terjadi akibat konflik yang terjadi di dalam sensor tubuh setiap manusia.

Biar perjalanan mudik tetap asyik dan tidak mual, berikut 7 tips agar tak mual di sepanjang perjalanan:

1. Cari Udara Segar

Jika tahu kondisi kita cepat mual saat naik kendaraan, sebaiknya mencari tempat duduk yang dekat dengan jendela. Hindari juga wewangian dengan aroma kuat, makanan, atau bensin yang bisa menambah perut mual.

2. Banyak Minum dan Makan

Kekurangan cairan atau dehidrasi merupakan asal muasal rasa mual. Usahakan agar Anda banyak minum air supaya terhindar dari dehidrasi. Selain itu makan juga penting. Perut kosong memicu rasa mual timbul. Makannya bukan makan besar ya. Setidaknya Anda menjaga agar perut tidak kosong. Hindari makanan pedas, atau berlemak dan jangan makan sampai perut kekenyangan.

3. Kontrol Situasi

Mereka yang sering merasa mual saat berkendara biasanya bukanlah pengemudi melainkan duduk di kursi penumpang belakang. Pengemudi jarang mual karena mungkin otaknya harus tetap berpikir dan saraf motorik harus tetap mengontrol mobil.

4 Alasan yang Menjadikan Kenapa Mudik dengan Kereta Api Masih Jadi Pilihan

Kalau ada kesempatan untuk duduk di sebelah pengemudi sebaiknya manfaatkan hal itu. Duduk di kursi depan dan melihat pemandangan depan dengan jelas bisa mengurangi rasa mual. Ditambah lagi sambil mengobrol dengan pengemudi, untuk mengurangi rasa mual muncul.

4. Tak Perlu Mengkonsumsi Obat Mabuk

Meminum obat anti mabuk memang cukup menghindari rasa mual sepanjang perjalanan. Karena tentu kita akan tertidur. Tapi sebetulnya hal itu tidak perlu. Konsumsi air yang banyak agar tidak dehidrasi, cukup tidur Anda dapat terhindar dari rasa mual.

5. Konsumsi Permen Jahe

Beberapa hasil riset menemukan kalau mengkonsumsi permen jahe dapat mengurangi rasa mual. Makan satu atau dua permen jahe setidaknya satu jam sebelum keberangkatan bisa membantu Anda.

6. Atur Mindset

Sugestikan diri sendiri sebelum bepergian. Bisa seperti meyakinkan diri sendiri kalau kita tidak akan merasa mual. Berbicara pada diri sendiri setidaknya bisa sedikit membantu rasa mual hilang.

7. Kalau Semua Cara Tak Mempan, Minum Obat

Saat semua cara untuk menghindari mual sudah dilakukan namun rasa tersebut tak hilang, cara terakhir adalah minum obat. Obat bisa dikonsumsi 30-60 menit perjalanan dimulai

(Visited 1,149 times, 1 visits today)