Ada 3 Langkah Etika Buat yang Ingin Mengambil Cuti Kerja!

0
12
mengambil cuti

Cuti atau libur kerja adalah salah satu hak yang boleh diajukan oleh setiap tenaga kerja. Ada 3 Langkah Etika Buat yang Ingin Mengambil Cuti Kerja!

Cuti atau libur kerja adalah salah satu hak yang boleh diajukan oleh setiap tenaga kerja. Hal ini karena tidak setiap hari tenaga kerja bisa bekerja dengan lancar. Adakalanya suatu hari beberapa orang mengalami suatu hal yang memungkinkan dia untuk mengajukan cuti selama beberapa hari. Oleh sebab itu tiap tahun setiap tenaga kerja memiliki jatah cuti resmi selama beberapa hari. Namun, meskipun sudah dijatah secara resmi, jika ingin mengambil cuti tenaga kerja tetap harus mengajukan surat permohonan cuti terlebih dahulu.

Membuat surat permohonan cuti juga memiliki etika tersendiri agar terkesan lebih sopan dan mudah dipahami. Untuk lebih mudahnya, Anda perlu mengetahui sejumlah etika penting sebelum membuat sebuah surat permohonan cuti berikut ini:

1. Tulis Keperluan Cuti

Izin untuk cuti pasti memiliki sebuah alasan yang mengharuskan dirinya mengambil cuti. Jadi tulis di dalam surat apa keperluan Anda cuti. Hal ini akan memudahkan pimpinan Anda untuk mengambil keputusan dan setuju dengan permohonan Anda. Jadi jangan sampai surat permohonan cuti tidak diterima karena lupa tidak mencantumkan keperluan cuti Anda.

Ternyata Cuti di Tengah Minggu Kerja Itu Ada Manfaatnya lho!

2. Lama Waktu untuk Cuti

Biasanya lama waktu untuk cuti sudah ada peraturan tersendiri dari perusahaan, namun tidak ada salahnya Anda menuliskan waktu yang dibutuhkan agar lebih jelas dan profesional. Adanya pencantuman waktu cuti juga memudahkan pimpinan agar tidak sampai terbengkalai ketika pekerjaan Anda ditinggalkan. Jadi sampaikan dengan jelas waktu yang ingin Anda ambil untuk cuti.

3. Catatan Pengalihan Tugas

Jika ditinggal cuti, maka secara otomatis tidak ada yang menyelesaikan pekerjaan Anda. Untuk mengantisipasi hal ini, maka sebaiknya Anda mengatur catatan pengalihan tugas sementara terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mengoordinir pekerjaan Anda dengan teman Anda. Biasanya catatan khusus juga mencantumkan tentang pekerjaan yang harus dicapai selama Anda tidak bekerja. Jadi pekerjaan Anda tidak akan terbengkalai begitu saja.

Jadi, sebelum mengajukan surat permohonan cuti, Anda bisa menerapkan beberapa hal di atas yah…

(Visited 328 times, 1 visits today)