Ada Rempah-rempah Ini di Dapur? Coba Manfaatkan Segera!

0
30
rempah-rempah

Rempah-rempah dan herbal memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh. Tidak hanya bisa dijadikan bumbu masak, tapi juga minuman berkhasiat.

Orang-orang di seluruh dunia telah mengetahui selama berabad-abad tentang penyembuhan menggunakan rempah-rempah dan herbal. Anda pun sudah tahu bagaimana ini dapat dijadikan bahan makanan, serta bisa berguna dalam banyak hal untuk menjaga Anda agar tetap sehat. Mungkin salah satu sumber nutrisi luar biasa yang sering diabaikan adalah bumbu dari rempah yang kita gunakan untuk memberikan rasa ke dalam hidangan. Rempah-rempah adalah apa yang menghidupkan makanan, juga memperkaya cita rasa.

Bagaimana pun itu, apa pun yang dipakai secara berlebihan, atau dalam dosis besar tetap dapat menyebabkan efek samping, jadi gunakan herbal dan rempah ini secukupnya saja. Efek baiknya adalah menambah nutrisi, antioksidan, anti inflamasi, penangkal kanker, vitamin, mineral, dan masih banyak lagi. Jangan meremehkan kekuatan tanaman ini untuk menyembuhkan penyakit, seringkali kita membeli obat-obatan yang dijual bebas, dan banyak juga dari kita telah bergantung pada obat-obatan sepanjang hidup. Kini saatnya untuk Anda membiasakan diri dengan herbal dan rempah alami.

rempah-rempah

Peppermint

Peppermint adalah ramuan multifungsi yang luar biasa, selain baik untuk meningkatkan mood dan fokus, ini sangat bagus untuk membantu mengatasi kembung dan gangguan pencernaan. Hanya dengan menambahkan setetes minyak peppermint ke dalam air, juga bisa mengurangi mual. Jika Anda mengoleskan minyak peppermint ke pelipis dan dahi Anda, itu juga bagus untuk menghilangkan sakit kepala. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak peppermint ke dalam sampo karena dapat mengatasi ketombe, mengurangi kerontokan, dan menebalkan rambut Anda. Apabila Anda mengalami hari yang buruk? Seduh teh peppermint, karena aromanya dapat membantu memperbaiki suasana hati dan juga menenangkan agar Anda bisa jauh lebih rileks.

Kunyit

Kunyit telah menjadi topik hangat dibidang makanan dan kesehatan untuk alasan yang baik. Selain dikenal sebagai bahan utama bumbu kari, penggunaannya pun menjadi semakin fleksibel, dan membuatnya lebih mudah untuk menuai manfaat kesehatan yang luar biasa dari rempah super ini. Kunyit berguna untuk mengobati berbagai masalah kesehatan, mulai dari sakit gigi ringan hingga kondisi kronis seperti radang sendi, diabetes, sakit rematik, juga memiliki kemampuan untuk memperlambat proses penuaan. Curcumin yang terdapat pada kunyit juga efektif untuk meningkatkan kekebalan, melindungi dari kanker dan perkembangan tumor, mengobati depresi, serta baik untuk kesehatan jantung.

Tak Banyak Diketahui Orang, Ini 5 Manfaat Ajaib Cengkeh Bagi Kesehatan dan Seksualitas!

Jahe

Jahe adalah rempah serbaguna yang sangat mudah digunakan. Anda bisa menggunakannya ke dalam teh. Umumnya memang dikenal sebagai obat untuk sakit perut, namun manfaatnya jauh melebihi itu. Sama seperti kunyit, jahe juga anti-inflamasi. Selain itu, jahe juga dapat mengobati kram perut saat menstruasi, juga bisa meredakan mual dan diare. Teh jahe pun bagus untuk menghilangkan gejala flu. Jahe mengandung banyak mineral seperti kalium, magnesium, niasin, fosfor, dan zat besi. Dibandingkan dengan rempah-rempah lainnya, lebih mudah untuk mendapatkan vitamin dalam jumlah besar dari jahe. Dalam hal vitamin, Anda bisa mendapatkan vitamin B6 dan vitamin C dari jahe. Inilah mengapa sangat bagus untuk kekebalan tubuh.

Kayu manis

Kayu manis adalah bumbu lain yang memiliki kemudahan dalam penggunaannya. Campurannya dapat menenangkan dan menghangatkan. Kayu manis terkenal untuk antioksidan yang membantu memperlambat proses penuaan, mengurangi stres, dan membuang racun dalam tubuh. Seperti kunyit dan jahe, kayu manis juga anti-inflamasi. Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan manfaatnya, miliki ketiganya secara bersama karena bisa saling melengkapi dengan sangat baik. Kayu manis juga berguna untuk penyakit alzheimer dan parkinson, dan bahkan meningkatkan fungsi motorik. Secara keseluruhan, kayu manis memang rempah yang luar biasa bagi otak dan tubuh. Ini bagus untuk mengelola kadar gula darah dan insulin, serta melawan infeksi. Selain itu, dapat menghambat pertumbuhan tumor, mencegah kerusakan DNA, dan mutasi sel. Direkomendasikan menggunakan kayu manis untuk menambah rasa, bukan gula atau pemanis lainnya.

Mau Hidup Sehat Tapi Enggan Berolahraga? ikuti Aja 5 Tips Berikut Ini…

Rosemary

Rosemary adalah ramuan aromatik yang sehat. Terlihat cantik, wanginya pun menenangkan, dengan rasa yang luar biasa. Dalam budaya Romawi, Yunani, dan Mesir, rempah ini dianggap suci. Anda dapat menggunakannya dengan ditumbuk, atau dalam bentuk minyak esensial. Dalam hal vitamin, rosemary segar mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin B seperti folat dan tiamin. Rosemary merupakan ramuan yang bagus untuk kesehatan usus dan pencernaan, juga tinggi serat. Rosemary dapat diseduh dalam bentuk teh untuk mengobati sakit perut atau mual. Sebagai anggota keluarga dari mint, rosemary dihargai karena rasa dan wanginya.

(Visited 688 times, 1 visits today)