Apa Iya, Kurang Tidur Bisa Bikin Perut Lapar Terus?

0
3
Perut Lapar

Para ahli telah menyatakan tidur yang cukup membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Apa Iya, Kurang Tidur Bisa Bikin Perut Lapar Terus?

Sayangnya, kebanyakan orang memiliki waktu tidur yang kurang dari 7 jam per hari. Padahal, kurang tidur memiliki sederet dampak negatif terhadap kesehatan, entah itu dari segi fisik maupun mental.

Kurang tidur dapat menyebabkan penyakit seperti hipertensi, obesitas, diabetes, gairah seks yang rendah, penurunan sistem kekebalan tubuh, dan bahkan kematian dini. Selain itu, kurang tidur dapat memengaruhi cara seseorang berpikir dan bereaksi.

Mulai dari penurunan kewaspadaan, gangguan memori, buruknya suasana hati, meningkatkan risiko kecelakaan, hingga kualitas hidup yang buruk. Tak hanya itu, kurang tidur juga membawa masalah mental seperti kecemasan, depresi, paranoia, dan halusinasi.

Qclaws, Solusi Bagi Anda yang Ingin Berhenti Merokok Konvensional

Penelitian terbaru dari para ahli di Pennsylvania State University menemukan, ketika seseorang yang berusia 20-an kondisinya sehat namun hanya memiliki waktu tidur 5 jam per malam, sistem metabolisme lemak ditubuh memburuk. Alih-alih menguapkan lipoprotein kaya trigliserida, tubuh mulai menyimpannya sehingga perut tetap terasa lapar meskipun sudah makan malam tinggi lemak.

Penelitian lainnya yang dilakukan oleh para ahli di Ball State University menemukan hampir sepertiga orang Amerika yang bekerja melaporkan hanya tidur 7 jam atau kurang. Ini adalah sebuah tren yang semakin buruk dari tahun ke tahun.

Penggunaan alat elektronik yang berlebihan membuat seseorang cenderung terjaga di malam hari. Mereka sering menghabiskan waktu menggunakan gadget untuk tetap mendapatkan informasi terkini di media sosial. Padahal layar gadget memancarkan cahaya biru yang mengacaukan pola tidur karena otak lebih sulit dimatikan.

Idealnya, 2 jam sebelum tidur orang sudah tidak lagi memegang gadgetnya. Untuk mengontrol hal ini, bisa dipasang alarm untuk mengingatkan sudah waktunya tidak lagi bermain gadget sebelum tidur. Setelah meletakkan gadget, naiklah ke tempat tidur yang nyaman dengan suasana ruangan yang gelap dan sunyi. Cara ini dapat membantu untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan cukup.

(Visited 413 times, 1 visits today)