Apa Saja Etika yang Harus Dilakukan Saat Meeting?

0
1
Meeting

Ada jadwal meeting hari ini? Jangan gegabah dan selalu ikuti etika yang berlaku saat meeting. Apa Saja Etika yang Harus Dilakukan Saat Meeting?

Dalam suatu pekerjaan, meeting atau pertemuan adalah suatu hal yang penting. Entah kita berperan sebagai salah satu peserta dalam meeting atau sebagai seorang penyelenggara meeting tersebut, tentu saja kita tidak menginginkan adanya gangguan sekecil apapun dalam meeting yang dapat mengganggu tersampainya materi.

Karena meeting yang dilaksanakan diharapkan mampu memberikan hasil atau solusi secara efisien. Sehingga diperlukan etika dalam mengikuti meeting, agar dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal.

Jadi, sebelum meeting dimulai ada baiknya kalian terapkan 5 etika berikut ini:

1. Siapkan Buku Catatan

Dalam setiap rapat atau meeting, akan selalu mendapatkan banyak informasi yang penting. Bukan tidak mungkin bila buku catatan sampai saat ini masih akan sangat diperlukan untuk menulis segala kebutuhan ataupun informasi. Meskipun kini sudah tersedia note secara digital. Namun fungsi dari buku catatan sendiri tidak tergantikan.

Untuk Cewek! Jangan Terus Melarang Cowok Main Game

2. Jangan Buka Email maupun Sosial Media

Ketika menggunakan laptop atau smartphone, usahakan hindari membuka email, sosial media atau message yang lain. Fokuskan pada tujuan awal Anda yaitu mencatat apa saja informasi atau kebutuhan dalam meeting.

3. Ikuti Meeting dengan Baik

Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada proses penyampaian materi pada saat meeting berlangsung. Ketika kita berkonsentrasi mengikuti semua alur dalam meeting dengan baik, maka informasi yang akan kita dapatkan akan membantu kita dalam bekerja. Sehingga mengikuti setiap alur dalam meeting sangat diperlukan.

4. Jangan Telat

Point yang satu ini merupakan point yang sangat penting. Usahakan datang 10 menit lebih awal sebelum meeting tersebut dimulai. Sehingga kita bukan hanya akan mendapatkan informasi dengan lengkap, melainkan ini akan menunjukkan kredibilitas anda dalam bekerja.

5. Ikuti Meeting Hingga Selesai

Hal terakhir ini perlu dilakukan, karena bukan hanya akan membantu kita memperoleh informasi yang lengkap. Melainkan juga menunjukkan keseriusan kita dalam mengikuti jalannya meeting. Apabila tidak ada hal penting dan mendesak yang perlu dilakukan, maka usahakan jangan meninggalkan meeting dan terus mengikuti meeting hingga selesai.

“I think there needs to be a meeting to set an agenda for more meetings about meetings” – Jonah Goldberg –

(Visited 178 times, 1 visits today)