Apakah Mengambil Cuti Kerja Boleh Diambil Secara Dadakan?

0
14
cuti kerja

Sebentar lagi sudah mendekati akhir tahun nih. Kalian sudah merencanakan cuti? Apakah Mengambil Cuti Kerja Boleh Diambil Secara Dadakan?

Segera rencanakan cuti kamu sebelum cuti kamu hangus lho. Merencanakan cuti kelihatannya mudah, kamu cukup pilih tanggal yang cocok dengan kamu dan kamu rencanakan apa saja agenda yang akan kamu lakukan selama waktu cuti tersebut. Tapi, cuti apapun itu baik itu cuti biasa atau cuti karena alasan tertentu, kamu perlu yang namanya persetujuan dari atasanmu

Agar mendapatkan persetujuan dari mereka, tentunya kamu perlu persiapan dong. Yuk, intip apa aja sih tips dan trik agar cuti kamu efektif dan langsung disetujui atasan!

1. Cek Jatah Cuti Tahunan

Ini adalah langkah pertama yang wajib kamu perhatikan sebelum mengajukan cuti. Pastikan saldo cuti kamu cukup. Kalau kamu mengajukan cuti dengan melebihi hak yang kamu punya, cuti kamu kemungkinan besar akan ditolak oleh atasan. Maka dari itu, pastikan saldo cuti kamu cukup terlebih dahulu.

Punya Rencana Liburan Bareng Temen-Temen? Begini Tipsnya Biar Seru..

2. Rencanakan Cuti dengan Matang

Setelah kamu pastikan saldo kamu cukup, penting untuk merencanakan dengan detil mengenai cuti kamu agar atasan kamu mengerti alasan kenapa kamu cuti dan berapa lama waktu yang diperlukan.

3. Kenali Jenis Cuti yang Diajukan

Kamu sebaiknya mengetahui jenis-jenis cuti yang telah diatur oleh Undang-undang yaitu terdapat 5 jenis cuti yang terdiri dari: Cuti Tahunan, Cuti Sakit, Cuti Bersalin/ Cuti Melahirkan,Cuti Besar, Cuti karena alasan penting, contohnya cuti karena menikah, khitanan anak, baptis anak, dan anggota keluarga meninggal dunia. Cocokkan keperluan kamu dengan cuti yang ada.

4. Waktu Pengajuan Cuti

Umumnya kebijakan di banyak perusahaaan mengharuskan kamu mengajukan cuti 1 bulan sebelumnya. Agar cuti kamu disetujui maka sebaiknya kamu mempersiapkan cuti  dengan matang dari jauh-jauh hari. Sebaliknya jika kamu merencanakan  cuti asal-asalan dan mengajukannya dengan dadakan maka ada kemungkinan besar cuti kamu ditolak oleh atasan kamu kecuali dengan alasan yang bersifat darurat.

Nggak Perlu Mahal-Mahal, Ini Spot Liburan Natal Terbaik di Asia!

5. Tinggalkan Pesan Auto Replay

Tinggalkan pesan “auto-reply” di email kamu sehingga siapapun yang memerlukan kamu pada saat kamu cuti, mengetahui bahwa kamu sedang cuti.

 

(Visited 609 times, 1 visits today)