Ini Dia, Cafe Racer Rasa Jepang !

0
0

Yamaha ternyata tak cuma piawai dalam menciptakan kendaraan bergaya sporty, tapi juga mahir dalam mengembangkan sepeda motor berdesain lawas.  Ya, hal itu terlihat saat pabrikan otomotif asal Negeri Sakura tersebut memperkenalkan tunggangan anyarnya pada gelaran International Motorcycle, Scooter& E-Bike Fair (Intermot) yang dihelat di Cologne, Jerman, beberapa waktu lalu.

Sosok yang diperlihatkan saat itu adalah XJR 1300 dan XJR1300 Racer. Meski menggendong mesin modern, namun kedua motor ini tetap bernuansa jadul, dimana tampilannya terinspirasi dari motor balap Eropa era 70-an, yakni Cafe Racer.

Soal dapur pacu, XJR 1300 mengadopsi mesin 1251cc empat silinder segaris yang mampu menggelontorkan tenaga 97 hp dengan torsi puncak 80 ft-lb. Selain itu, motor ini juga terlihat lebih kokoh dengan sasis yang terbuat dari baja double cradle serta garpu teleskopik yang terlapisi bahan karbon. 

Pihak perusahaan mengklaim bahwa motor ini sangat nyaman untuk dikendarai berkat suspensi Ohlins yang menopang bagian belakang. Sementara untuk sistem pegereman juga tak perlu diragukan lagi, sebab bagian depan menggunakan cakram ganda dan belakang menggunakan cakram tunggal.

Oh ya, ada satu hal unik dari tunggangan besutan Yamaha ini. Apa itu? Disaat motor sekelasnya telah menyematkan radiator besar, motor ini tetap bertahan dengan pendingin udara. Lantas, apa yang membedakan XJR 1300 dengan XJR 1300 Racer? Varian Racer mendapat penambahan fairing dan sepatbor berbahan karbon.

Kabarnya, model ini baru mulai diluncurkan di Eropa pada Desember mendatang. Sebagai tambahan informasi, dua varian ini akan tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni biru, abu-abu, dan hitam.

Kira kapan ya motor ini mengaspal di Indonesia?

(Visited 64 times, 1 visits today)