Ini Keuntungan Pakai Bahan Bakar Beroktan Tinggi

0
1

Tak dipungkiri, setiap orang tentu akan memilih yang terbaik untuk merawat kendaraan kesayangannya, termasuk dalam hal pemilihan bahan bakar. Seperti yang diketahui, Bahan Bakar Minyak (BBM) yang beredar di pasaran saat ini  terdiri dari berbagai jenis, mulai dari yang beroktatan rendah (88) hingga yang beroktan tinggi (92 dan 95). Lantas, BBM jenis apakah yang Anda gunakan? Jika memakai yang beroktan tinggi, berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Hemat bahan bakar

BBM beroktan tinggi memang sangat dianjurkan untuk ‘diminum’ oleh kendaraan yang diproduksi diatas tahun 1990. Karena dibuat dengan bahan baku berkualitas tinggi, tentu saja bahan bakar jenis ini punya keunggulan  yang jauh lebih baik. Salah satunya memungkinkan Anda untuk menghemat pemakaian bahan bakar alias lebih irit.

Menjaga kinerja mesin agar tetap optimal

BBM beroktan tinggi punya stabilitas oksidasi yang lebih tinggi. Ya, karena menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna pada mesin, bahan bakar jenis tersebut tentu saja bikin kinerja mesin Anda jadi tetap optimal. Oh ya, yang tak kalah penting, menggunakan BBM beroktan tinggi juga bikin busi kendaraan Anda lebih awet. 

Membuat ruang bakar tetap bersih

Selain dibuat dengan bahan baku berkualitas tinggi, BBM beroktan tinggi juga mengandung zat aditif yang bersifat detergency. Perlu dicatat, zat tersebut berfungsi untuk membersihkan injektor bahan bakar, karburator, serta inlet valve, yang pada akhirnya membuat ruang bakar tetap bersih.

Tarikan lebih responsif

Dari segi performa, kendaraan yang memakai BBM beroktan tinggi tentu saja akan jelas berbeda dengan yang menggunakan oktan rendah. Tak percaya? Cobalah isi kendaraan yang biasanya ‘minum’ bahan bakar beroktan rendah dengan yang beroktan tinggi ! Ya, bukan tak mungkin Anda akan merasakan akselerasi tarikan yang lebih responsif.

 Lebih ramah lingkungan

Karena memiliki kandungan timbal yang lebih sedikit, BBM beroktan tinggi tentu saja akan berdampak baik untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan Anda. Hasilnya, tingkat polutan yang dihasilkan pun akan lebih kecil.

Oh ya, selain beberapa keuntungan di atas, menggunakan BBM beroktan tinggi juga secara tak langsung telah membantu pemerintah dalam mengurangi anggaran subsidi BBM. Nah, mantap bukan? Masih segan untuk hijrah ke bahan bakar beroktan tinggi?

 

Berbagai sumber.

 

(Visited 89 times, 1 visits today)