5 Tips Check Kendaraan Setelah Mudik Lebaran…

0
3
Mau Mudik? Ini 5 Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Pergi Mudik

Mudik adalah sebuah ritual tahunan yang dilakukan banyak masyarakat kota-kota besar Indonesia untuk pulang ke kampung halaman masing-masing untuk berhari raya bersama para orang tua.

Karena dilakukan hampir serentak oleh banyak orang, hampir seluruh ruas jalan dipadati kendaraan para pemudik. Untuk mengatasi kondisi perjalanan panjang, macet, dan ekstrem, kendaraan yang Anda gunakan harus berada pada kondisi prima.

Apa saja yang harus diperiksa sebelum Anda membawa kendaraan saat pulang dari mudik lebaran? Cekidot POPle…

5 Tips Aman Berkendara Saat Mudik Lebaran….

Air pendingin

Air pendingin yang baik akan menjaga temperatur mesin. Biasanya pengecekan ini disertai dengan pengecekkan radioator dan kipas mesin.

Periksa Oli Mesin

Oli merupakan pelumas mesin. Saat mesin beroperasi, gesekan antar komponennya bisa lancar dan selalu terjaga kondisinya. Untuk mobil, gunakan TOP 1 Evolution OEM Series I yang diformulasi secara khusus untuk meminimalkan gesekan, mencegah kemungkinan terjadinya keausan, dan meningkatkan akselerasi serta tenaga mesin secara optimal.

 Sistem Pengereman

Sistem pengeraman, harus selalu bersih dan periksa pula kualitas dan jumlah minyak rem. Amat mungkin terjadi kebocoran pada bagian ini. Pengecekkan ini sebaiknya diikuti dengan memeriksa ketebalan kampas rem dan cakramnya.

 Lampu dan ban

Bagian yang tak boleh dilupakan adalah lampu dan tekanan ban. Pastikan semua lampu pada mobil Anda menyala normal. Kemudian periksa ban Anda, jika sudah aus maka sebaiknya diganti. Jika masih bagus, maka Anda harus memeriksa tekanan ban.

Benda-Benda Ini, Wajib Ada di dalam Mobil Para Cowok!

Transmisi

Bila tarikan sudah terasa berat, sebaiknya segera ganti kampas kopling. Umumnya, kopling akan bekerja keras bila rute yang dilalui banyak tanjakan. Memeriksa sistem kopling, sebaiknya juga diikuti dengan mengecek minyak kopling.

(Visited 25 times, 1 visits today)