Tiga Cara Memeriksa Kondisi Aki Mobil

0
3
Sejumlah perkakas yang wajib ada di mobil.

Saat aki mati pada berada dala kondisi lemah, lampu akan redup dan mesin juga tidak dapat dihidupkan. Sebaiknya, jangan sampai kondisi seperti itu, terjadi pada aki mobil kamu.

Tenang, kamu tidak boleh gelisah karena kamu bisa memeriksa kondisi aki, atau menguji berbagai komponen kelistrikan pada mobil secara akurat. Salah satu caranya adalah, dengan multimeter yang sangat mudah untuk digunakan.

Nah, berikut ini adalah cara untuk memeriksa kondisi aki….

Asyiknya Dapat Pengalaman Baru Naik Motor Roda 3!

Cek Aki

Buka kap mobil dan temukan posisi aki, lalu lepaskan pelindung pada terminal positif. Setelah itu, hubungkan kabel positif multimeter ke terminal positif aki mobil, dan kabel negatif multimeter dengan terminal negatif aku.

Lalu, bacalah tegangan yang ditunjukkan pada multimeter. Sebaiknya, tegangan berada di angka 12.5 hingga 12.8 volt.

Periksa alternator

Untuk melihat hasil pengecekan yang akurat, pada saat mesin mobil dinyalakan. Hubungkan kabel positif multimeter yang berwarna merah ke multimeter berwarna hitam.

Jika tegangan kurang dari 13.5 volt, berarti alternator pada mesin kamu tidak cukup untuk memproduksi arus listrik yang dibutuhkan untuk mengisi aki. Agar tidak rusak, alternator sebaiknya dilakukan overhaul gumpalan kawat didalamnya.

4 Tips Merawat 4-Wheel Drive Mobil Anda!

Gunakan G Scan

Analisa yang akurat pada aki dan alternator juga dapat dilakukan dengan menggunakan G-Scan. Perangkat ini dapat diilustrasikan kinerja sistem elektronik pada mesin kamu secara grafis.

Kamu bisa mendapatkannya di bengkel resmi, untuk beberapa jenis kendaraan. Kamu bisa membelinya tapi pastikan alat dengan spesifikasi dan merk kendaraan kamu itu sama.

(Visited 60 times, 1 visits today)