Ini Dia, Mobil Super Langka Porsche yang Harganya Selangit!

0
4

Hanya diproduksi 71 unit, mobil super langka Porsche dijual dengan harga fantastis

Saat melihat gambar di atas, Anda tentu tak menyangka jika kendaraan tersebut adalah besutan Porsche. Kami pun demikian ketika pertama kali menyaksikannya. Ya, hal itu sangat dimaklumi mengingat selama ini produsen roda empat yang bermarkas di Stuttgart tersebut lebih berfokus pada mobil jenis sport saja.

Mobil super langka

Menilik jauh ke belakang, Porsche memang pernah membangun SUV tangguh yang diberi nama 597 Jagdawagen. Kendaraan tersebut diproduksi tahun 1955-1958, di mana saat itu diperuntukkan sebagai kendaraan untuk instansi militer.

Selaku penggagas, Ferdinand Porsche mengaku bahwa 597 Jagdawagen banyak dipengaruhi oleh Volkswagen Kubelwagen. Hanya saja ia melakukan peningkatan dalam hal penampilan serta kinerjanya.

Mobil super langka

Agar tak sama persis, Ferdinand juga sengaja membuat door sill lebih tinggi dan menambahkan batang stabilizer. Sementara untuk jantung pacunya, ia membenamkan mesin empat silinder berpendingin udara di bagian belakang mobil.

Sebagaimana dilansir Motor1, mesin yang tertanam dalam 597 Jagdawagen sanggup memproduksi tenaga maksimum hingga 50 tenaga kuda. Berkat ‘jantung’ tersebut, dirinya mampu melaju hingga kecepatan maksimal 100 km/jam.

Ferdinand juga mengungkapkan bahwa 597 Jagdawagen merupakan kendaraan semi-amfibi. Selain di jalanan rata, ia juga bisa digunakan di hampir semua medan, termasuk offroad. Oh ya, satu hal yang membuatnya keren, dirinya bisa menanjak di kemiringan hingga 65 derajat.

Mobil super langka

Saat masa pembuatannya dulu, Porsche mengalami kesulitan memproduksi 597 Jagdawagen dalam jumlah besar. Ketika itu, mereka hanya mampu menggarap 71 unit dalam kurun waktu 3 tahun. Dari jumlah tersebut, 49 unit di antaranya ditujukan untuk pasar sipil.

Bulan ini, salah satu unit 597 Jagdawagen yang tersisa bakal dilepas ke pasar oleh rumah lelang Bonhams di Inggris sana. Mobil super langka milik Porsche tersebut diperkirakan akan laku dengan nilai 200 ribu pound sterling atau sekitar 3,4 miliar rupiah.

Ya, kendaraan edisi terbatas memang terkadang punya harga yang tak masuk akal. Meski demikian, tetap saja ada orang yang tertarik memilikinya. Harga seolah tak jadi masalah bagi para penggila mobil super langka.

Sebelumnya, ada pula mobil super langka yang berhasil terjual dengan harga selangit. Ia adalah Peel P50. Berapa harganya? Simak, Wah, Mobil Terkecil di Dunia Ini Terjual dengan Harga Fantastis!

(Visited 217 times, 1 visits today)