Awas, 5 Menu Makan Siang Ini Bisa Bikin Anda Mengantuk!

0
26
Menu Makan

Saat tengah hari, perut pun mulai minta diisi dengan aneka makanan siang enak. Awas, 5 Menu Makan Siang Ini Bisa Bikin Anda Mengantuk!

Kantin dan rumah makan di sekitar kantor siap memenuhi nafsu makan dengan aneka hidangan yang menggugah selera. Namun hati-hati pilih menu makan siang. Salah pilih menu makanan bisa membuat Anda justru jadi tak bersemangat. Setelah isi perut, bukan energi yang didapat tapi kantuk malah menyerang.

Berikut menu makanan yang harus dihindari, agar Anda tak mengantuk setelah makan siang.

1. Karbohidrat kompleks

Konsumsi aneka menu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, misalnya jagung, kentang, roti gandum akan membuat Anda merasa lebih bersemangat. Kabar baik untuk pencinta nasi merah, konsumsi nasi merah saat makan siang tak hanya membuat Anda lebih bersemangat, tapi juga membantu program diet Anda.

Hindarilah makanan yang mengandung karbohirat sederhana, misalnya roti, pasta, dan makanan manis lainnya. Pasalnya, aneka makanan nikmat ini akan meningkatkan pembentukan hormon serotonin yang menyebabkan kantuk.

Benarkah Makan Sayur Kol Bisa Bikin Perut Kembung?

2. Protein tanpa lemak

Aneka makanan yang mengandung protein tanpa lemak, misalnya keju rendah lemak atau daging ayam tanpa lemak, akan cenderung meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Peningkatan ini terjadi karena makanan tersebut mengandung asam amino triptofan.

Sebaliknya, keju tinggi lemak, sayap ayam, atau ikan bakar yang digoreng akan membuat Anda terjaga. Hal ini disebabkan karena olahan gorengan akan lebih lama dicerna tubuh dan membuat Anda terjaga. Makanan berprotein tinggi juga akan membuat Anda lebih terjaga.

3. Makanan cepat saji

Kebanyakan makanan cepat saji termasuk dalam golongan junk food karena mengandung banyak lemak, gula, garam, pengawet dan perasa tambahan. Ini adalah asupan nutrisi yang buruk untuk tubuh.

4. Teh herbal

Teh memiliki kandungan senyawa yang berpotensi membuat tubuh jadi rileks. Namun, lama-kelamaan, Anda akan merasa ngantuk. Hindari memilih teh chamomile dan teh lemon sebagai teman makan siang.

5. Cokelat hitam

Cokelat hitam mampu merangsang pembentukan serotonin yang mampu membuat tubuh dan pikiran jadi tenang. Jadi setelah makan siang, jangan tambahkan dengan mengudap varian cokelat yang manis-manis pahit ini.

(Visited 253 times, 1 visits today)