Bagaimana Cara Menghemat Keuangan di Akhir Bulan?

0
4
Menghemat Uang

Akhir bulan menjadi saat paling berat karena ketersedian pundi-pundi semakin menipis. Bagaimana Cara Menghemat Keuangan di Akhir Bulan?

Tanggal tua memang menjadi momok tersendiri bagi para pekerja. Pasalnya di akhir bulan ini keuangan diambang krisis tetapi pengeluaran tetap terus menerus ada. Kalau sudah seperti ini tentu menjadi dilema, bagaimana menyiasati keuangan agar tidak sampai ke tahap krisis sampai hari gajian datang kan.

Berikut beberapa tips untuk menghemat keuangan diakhir bulan agar tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

1. Perhatian Pengeluaran Kecil 

Sebagai hal yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah bukan menghitung pengeluaran besar melainkan pengeluaran yang bersifat kecil atau receh. Pasalnya pengeluaran kecil seperti halnya ongkos transportasi, bensin, bayar parkir, dan lain-lain justru jika tidak diperhitungkan secara teliti akan menguras pengeluaran Kamu perlahan-lahan tapi pasti.

Uang Memicu Konflik Rumah Tangga?, Ini Dia 5 Cara Mengatasinya

2. Hindari Menarik Uang dari Berbeda ATM 

Kalau Anda tidak memiliki ketersediaan uang cash dan menyimpannya dalam akun bank. Hindari mengambil uang Anda dengan mesin ATM yang berbeda karena biarpun sepele. Mengambil uang dari mesin ATM yang berbeda akan dikenakan biaya admin 7500, lumayan kan jika dalam sehari kamu mengambil di tiga mesin yang berbeda kamu sudah dikenakan biaya 22.500. Jumlah ini lumayan sekali kalau kamu gunakan untuk ongkos transportasi atau bensin.

jenis makanan

3. Bawa Bekal

Jangan malu, ragu atau sungkan untuk membawa bekal dari rumah karena cara yang satu ini bisa membantu sekali dalam menghemat pengeluaran Kamu. Bekal tidak harus dalam bentuk makanan, membawa sekadar air mineral atau kopi bisa membantu Kamu agar tidak jajan diluar untuk membeli jenis serupa di luar.

4. Puasa Hedon

Terpenting kalau akhir bulan cobalah hindari perilaku konsumtif seperti kurangi intensitas hongout, nonton, makan di resto, atau ngedate yang menguras pengeluaran. Berusalah untuk menahan diri Kamu sampai keuangan benar-benar stabil kembali.

(Visited 269 times, 1 visits today)