Bagaimana Cara Menjalani Hidup yang Bahagia Walau Sendiri

0
82
Man jumping off dock.

Tidak semudah dan sesederhana itu ketika sendiri. Disaat tidak ada seorang pun yang bersama Anda untuk menjalani serta berbagi kehidupan sehari-hari.

Ada alasan untuk hidup sepi dan sendiri seperti rasa malu, rasa tidak nyaman dan aman serta rasa tidak diterima. Tapi ada juga orang yang menikmati kehidupan lajang dan mampu menjalani hidup sendiri.

Manfaat dari sunyi dan sendiri yaitu berkurangnya stres, meningkatnya kreativitas serta konsentrasi. Sendirian tidak sama dengan kesepian. Penelitian telah menunjukkan bahwa kesepian dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius, sedangkan ‘waktu sendiri’ malah bisa bermanfaat untuk Anda.

Meskipun ada sejumlah keuntungan dari menjalani hidup sendiri, kita sering tidak dapat menerima manfaat dari kehidupan itu. Anda malah kehilangan diri sendiri dan tidak tahu harus berbuat apa. Yang paling penting adalah menerima situasi tersebut dan tidak menyesali apa pun itu. Pikiran Anda akan terus bekerja, jadi jika sebuah pikiran muncul di kepala Anda, cobalah untuk mengakui itu.

Tidak perlu merasa takut

Menghadapi kesendirian memang menakutkan dan menyedihkan. Pikiran itu pada banyak orang malah menjadi seperti ancaman. Rasa takut akan kesepian sering muncul sebagai akibat karena Anda membatasi diri sendiri. Karenanya, Anda masuk ke dalam situasi yang tidak menyenangkan. Rasa takut akan kesepian menjadikan Anda tidak dapat memutuskan secara nyata apa yang sebenarnya bisa membuat Anda bahagia. Menjadi sendirian itu memang tidak mudah, malah sangat sulit.

Lewati dan nikmati prosesnya

Ada saat-saat ketika Anda mulai merasa tersesat, kesepian, tidak berdaya, dan putus asa. Ini adalah fase kehidupan yang biasanya muncul setelah beberapa situasi yang penuh tekanan terjadi pada Anda seperti berpisah dengan pasangan, dan kematian orang terdekat. Namun, Anda perlu melihat manfaat dari fase kehidupan ini sebagai sebuah kebebasan. Anda dapat mengatur waktu secara mandiri dan memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan sendiri. Anda dapat mengatur kehidupan sosial yang sesuai, melakukan apa pun yang Anda inginkan, berpakaian sesuka Anda, dan makan apa saja yang Anda mau.

Dukungan emosional untuk diri sendiri

Kesimpulan yang paling penting adalah Anda bisa menjadi mandiri. Di akhir hari, katakan pada diri sendiri apa saja yang telah Anda lakukan. Ketika Anda melihat apa yang sudah dilakukan pada hari itu, katakan pada diri sendiri betapa bangga dan bahagianya Anda. Tersenyumlah untuk kemampuan diri Anda. Katakan pada diri sendiri bahwa tidak perlu merasa takut dan sedih.

Akhiri Kesepianmu Karena Kamu Tak Perlu Lagi Merasa Sendiri

Berhenti berpikir buruk

Pikiran Anda bisa menjadi sahabat dan musuh terburuk dari diri sendiri. Pernahkah mendapati diri Anda berpikiran negatif di luar kendali kemudian mengambil alih otak Anda? Mudah membawa proses berpikir untuk berjalan ke arah yang salah. Waspadai apa yang sedang Anda pikirkan dan hentikan pikiran negatif itu sebelum berkembang menjadi jauh lebih sulit untuk dikendalikan. Jika Anda mulai merasa stres, lakukan sesuatu yang dapat membuat Anda kembali rileks.

Lakukan sesuatu yang menyenangkan

Cara terbaik merasa bahagia adalah dengan menghabiskan waktu Anda untuk menciptakan sesuatu yang mampu membuat bahagia. Terkadang memang sulit untuk memotivasi diri sendiri, jadi jika Anda merasa kurang inspirasi, dan membutuhkan suasana baru, perubahan dari kehidupan dan kebiasaan yang lama akan dapat memberikan keajaiban bagi diri Anda.

Kata-Kata Positif yang Perlu Anda Ucapkan ke Diri Sendiri Setiap Pagi

Manjakan diri sendiri

Siapa bilang Anda tidak bisa menonton film atau makan sendirian? Anda dapat memilih untuk pergi ke mana pun yang diinginkan tanpa perlu mempertimbangkan pendapat orang lain. Pergi sendiri akan membantu Anda merasa nyaman dengan diri sendiri. Pernahkah Anda merasa begitu kesepian sehingga tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan diri sendiri? Mulai saja dari yang kecil bahwa kemampuan untuk menyendiri adalah keterampilan yang perlu dipelajari agar tetap bisa menjalani kehidupan yang bahagia.

(Visited 1,522 times, 1 visits today)