Bahaya! Fenomena Phubbing yang Bisa Merusak Kehidupan Bersosial

0
4
Phubbing

Apa Itu Phubbing dan bagaimana Efeknya Terhadap Kehidupan Sosial? Bahaya! Fenomena Phubbing yang Bisa Merusak Kehidupan Bersosial

Terlalu asyik dengan gadget dan nggak “peduli” dengan lingkungan sekitar ternyata dapat memunculkan rasa benci dan cemburu. Situasi di atas disebut “phubbing” atau situasi di mana kita merasa diabaikan oleh lawan bicara kita karena mereka lebih memilih sibuk dengan gadgetnya.

Menurut ahli, situasi ini nggak bisa dianggap enteng karena dapat membahayakan kehidupan sosial mendasar kita. Misalnya kurang menghargai diri sendiri dan hilangnya rasa memiliki.

Soal siapa yang pertama kali mencetuskan kata Phubbing? Jawabanya ialah tim pakar bahasa yang menyusun kamus atau Direktori McCann dan Macquarie. Untuk pertama kali menciptakan kata phubbing pada Tahun 2012 sebagai cara mereka membantu mengatasi masalah sosial di dunia yang sedang berkembang.

Kini, kampanye phubbing mulai gencar dilakukan di seluruh Dunia. sejak tahun 2012 sosoial media di Amerika serikat terus aktif mensosialisasikan gerakan anti phubbing. Dan di awal 2015 kampanye tersebut sudah dirasakan di seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia.

Gila Main Gadget! Berapa Lama Sih Waktu Ideal Menggunakannya?

Perkembangan gadget yang semakin pesat memang harus kita diwaspadai. Seperti yang kita ketahui, kita sedang berada dalam era globalisasi, dimana perkembangan teknologi sangat berpengaruh dalam aktifitas sehari-hari. Seorang yang sudah terecandu gadget akan sulit untuk menjalani kehidupan nyata, misalnya mengobrol atau berinteraksi.

Perhatian seorang pecandu gadget hanya akan tertuju kepada dunia maya. Dan bahkan jika dia dipisahkan dengan gadget, maka akan muncul perasaan gelisah. Disadari atau tidak, prilaku yang mengabaikana lawan bicara (phubbing) adalah kesalahan yang sangat fatal, prilaku Phubbing tersebut akan membawa si Phubbers dalam keterasingan sosial.

Apakah phubbing sebagai refleksi dari dunia yang sudah menjadi terputus? apakah seni percakapan pun akan menghilang? Apakah sebuah masalah? Apakah phubbing menjadi suatu sikap yang yang sedikit menghina kita? sama hinanya seperti di dunia Barat tatkala seseorang meludah, namun di bagian dunia lain di Tiongkok misalnya, meludah, sudah menjadi hal biasa. Tetapi perbedaan itu justru membuat kita semakin tidak menyadari sikap-sikap tersebut? sama halnya seperti prilaku phubbing yang secara tidak sadar keluar dari norma sosial.

Dalam sebuah artikel menarik yang dimuat di Chinadaily.com phubing dapat mengancam putusnya hubungan dalam keluarga, persahabatan bahkan mampu mengancam terputunya relasi. Prilaku phubbing yang mengabaikan dan tidak mempedulikan orang lain yang tengah bersama dengan Anda akan mengancam ketidak percayaan orang terhadap Anda.

(Visited 131 times, 1 visits today)