Ini 5 Tips Belanja Cerdas dari Godaan Diskon Jelang Hari Raya Lebaran!

0
2

Hari raya Lebaran selalu menjadi momentum tepat bagi setiap produsen menarik minat para pembeli dengan menggelar pesta diskon besar-besaran. Tapi, lucunya diskon tersebut banyak yang tipu-tipu. Tapi tenang, begini cara hindari jebakannya..

 

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, masyarakat cenderung lebih konsumtif seiring dengan banyaknya kebutuhan menjelang perayaan Idul Fitri. Seperti, berbelanja pakaian, barang, maupun makanan. Apalagi dengan adanya tunjangan hari raya (THR), seluruh penjual online maupun offline seakan mampu menghipnotis konsumen untuk mengeluarkan koceknya.

Karena itu jangan gelap mata melihat aneka diskon jelang Lebaran yang sekilas terlihat menggiurkan itu. Bisa jadi ini hanya strategi marketing untuk menguras kantong para pembeli. Berikut 5 tips belanja cerdas di tengah serbuan diskon besar-besaran itu.

Banyak Diskon di Toko Online Jelang Lebaran, Perhatikan 5 Tips Ini agar Tak Tertipu!

1. Pilih barang dengan hati-hati

Saat memberikan diskon, banyak penjual bermain curang dengan mencampur barang dalam kondisi baik dengan yang sudah rusak. Kerusakannya mungkin sangat kecil sehingga tidak bisa langsung terdeteksi mata, misalnya sobek kecil pada pakaian.

Pedagang biasanya memanfaatkan momen diskon untuk `membersihkan` barang-barang yang rusak dari tokonya. Jadi hati-hatilah dalam memilah barang.

2. Belanja dengan partner yang tepat

Hindari berbelanja sendiri, karena kamu akan lebih rentan terhadap sebuan diskon. Partner belanja dapat berfungsi sebagai pengingat, terutama ketika kamu belanja berlebihan. Namun pastikan kamu membawa partner yang tepat, yakni yang dapat mengendalikan nafsu belanja kamu.

Dana Bulanan Sudah Mulai Tipis Akibat Liburan? Begini Cara Mengatasi Keuangan Kamu…

3. Jangan membeli barang dari satu toko

Menjelang lebaran, ada banyak toko dan mal yang memberi diskon secara bersamaan. Itu berarti kamu memiliki banyak pilihan. Jangan habiskan uang di satu toko karena kamu akan menyesal jika menemukan barang yang sama di toko lain dengan harga lebih murah.

4. Masih ada diskon setelah lebaran

Kadang yang bikin kita panik saat mendengar kabar diskon adalah takut kehabisan atau kehilangan momennya. Padahal sebenarnya diskon akan selalu ada. Bahkan setelah lebaran pun bakal masih ada diskon. Diskon setelah lebaran pun tak kalah variatif daripada saat lebaran.

Mudik Aman dan Nyaman Bebas dari Si Copet. Begini Tips Ampuhnya..

5. Bandingkan harga toko sebelah

Beda pusat perbelanjaan, bisa beda pula diskon yang diberikan. Kalau kamu tipe orang yang bersikeras harus mendapatkan yang termurah, kamu bisa tengok tempat lain dan lihat apakah mereka menawarkan diskon lebih menguntungkan untuk barang yang sama.

 

(Visited 17 times, 1 visits today)