Benarkah Perbedaan Usia Bisa Mempengaruhi Pernikahan?

0
0
Menurut Riset, Pasangan yang Perbedaan Umurnya Cukup Jauh Risiko Perceraiannya Tinggi!

Berita retaknya rumah tangga pasangan selebritas Gading Marten dan Gisella Anastasia mengejutkan banyak pihak. Gugatan cerai Gisella Anastasia tercatat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor perkara 908/Pdt.G/2018/PN JKT/SEL. 

Kabar gugat cerai tersebut seakan menghapus cerita rumah tangga Gading Marten dan Gisella Anastasia yang dianggap adem ayem. Hingga kini, penyebab keretakan hubungan Gisel dan Gading belum diketahui.

Terganggu Keringat Berlebih? Ini Cara Mengendalikannya yang Paling Ampuh..

Meski begitu, ada beberapa hal yang diyakini masyarakat umum memengaruhi sebuah pernikahan, di antaranya pautan usia pasangan dan kendala-kendala yang dihadapi terkait usia pernikahan.

Menilik dari usia, Gisel dan Gading memiliki perbedaan umur cukup jauh. Gading Marten lahir pada 8 Mei 1982. Sementara, sang istri penyanyi Gisella Anastasia baru saja berulang tahun yang ke-28 pada 16 November lalu.

Mengutip Times of India Rabu (21/11), sebuah penelitian di Emory University, Atlanta, Amerika Serikat, mengaitkan antara perbedaan usia pasangan yang telah menikah dengan kemungkinan untuk bercerai. Hasilnya lumayan mengejutkan.

Risiko bercerai meningkat seiring jauhnya perbedaan usia

Setelah mengevaluasi tiga ribu peserta, studi tersebut mengungkapkan bahwa pasangan dengan kesenjangan usia lima tahun, 18 persen lebih berisiko bercerai ketimbang mereka yang hanya berbeda satu tahun. Probabilitas perceraian semakin meningkat seiring semakin besarnya perbedaan usia.

Bagi mereka yang memiliki pasangan dengan jarak usia 10 tahun, persentase perceraian meningkat menjadi 39 persen. Sementara perbedaan 20 tahun membuat angka risiko perceraian hingga 95 persen.

Wah… 5 Pekerjaan Pria Ini Ternyata Jadi Idaman Para Mertua Lho Guys!

“Kepuasan pernikahan menurun lebih cepat dari waktu ke waktu bagi pria dan wanita yang memiliki kesenjangan usia yang besar dengan pasangan mereka,” ujar profesor ekonomi Terra McKinnis dalam sebuah penelitian yang terpisah.

“Hal ini dibandingkan dengan mereka yang memiliki kesenjangan usia yang lebih kecil,” tambahnya dikutip dari Fatherly.

Entah apakah faktor tersebut juga mempengaruhi pernikahan Gading Marten dan Gisella Anastasia. Kami berharap keduanya mampu menyelesaikan permasalahan dengan baik.

(Visited 937 times, 1 visits today)