Berapa Lama Waktu Untuk Memanaskan Mesin Sepeda Motor yang Benar?

0
9
memanaskan mesin

Layaknya manusia, sepeda motor dan kendaraan pada umumnya juga memerlukan ‘pemanasan’. Berapa Lama Waktu Untuk Memanaskan Mesin Sepeda Motor yang Benar?

Aktivitas memanaskan sepeda motor sebelum digunakan ini perlu dilakukan untuk menjamin oli melumasi semua bagian dalam mesin. Meski begitu sebenarnya aktivitas ini sebaiknya tidak dilakukan dalam waktu yang terlalu lama.

Hal ini dikarenakan berbeda dengan motor yang masih menggunakan karburator, pada motor keluaran terbaru, menekan tombol start satu kali sudah cukup untuk mengalirkan oli ke seluruh bagian mesin.

Meski begitu pada motor yang masih menggunakan karburator pun sebenarnya juga tidak disarankan untuk memanaskan mesin terlalu lama. Pemilik sepeda motor lebih baik memaksimalkan penggunaan choke. Sehingga ketika motor sudah menyala dan oli sudah mengalir, proses pemanasan mesin pun juga hanya perlu waktu singkat, kurang dari lima menit.

Buat yang Beraktivitas dengan Berkendara Motor! Awas, Ini Sederet Penyakit yang Mengintai..

Jika mengabaikan hal ini dan pemilik sepeda motor masih sering memanskan motornya terlalu lama, dampak paling mudahnya akan terlihat pada komponen kendaraan seperti leher knalpot.

Selain itu, pada motor yang dipanaskan terlalu lama, bohlam pada lampu utama juga bisa terlalu panas karena tidak ada sirkulasi udara dan yang paling fatal bisa membuat mika lampunya meleleh.

Selain itu pada motor yang masih terdapat kick starter alias engkol, banyak pemilik kendaraan yang biasanya mengengkol kendaraannya ketika kunci kontak belum ‘on’ untuk membantu sirkulasi bensinnya. Hal ini boleh saja dilakukan jika memang motor sulit dihidupkan, tapi tidak boleh terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan knalpot seperti ‘menembak’.

Hal ini bisa terjadi karena ketika diengkol ada bensin yang tersalurkan, namun tidak terbakar, jadi ketika menyala, bensin yang terkumpul terbakar semua jadinya knalpot nembak.

(Visited 1,104 times, 1 visits today)