Berbagai Area di Bandara Berikut Ternyata Menyimpan Banyak Bakteri!

0
0
Banyak Bakteri

Salah jika kamu masih berpikir tempat terdapat banyak kuman di bandara adalah toilet umum. Berbagai Area di Bandara Berikut Ternyata Menyimpan Banyak Bakteri!

Banyak orang mengira jika toilet umum di bandara adalah tempat paling jorok dan banyak menyimpan bakteri.  Namun ternyata dalam sejumlah kasus dan beberapa penelitian terbaru, ada beberapa area di bandara yang justru menyimpan lebih banyak bakteri, yang bisa dengan mudah menjangkiti setiap orang dan menularkan berbagai macam penyakit.

Bahkan menurut sebuah penelitian dari University of Nottingham di Inggris dan Institut Nasional Finlandia untuk Kesehatan dan Kesejahteraan, ada beberapa tempat dengan urutan kuman dan virus terbanyak di bandara. Kira-kira area mana dan benda apa saja di bandara dan pesawat yang perlu Anda waspadai agar tidak mudah terjangkit virus dan bakteri?

Simak selengkapnya di bawah ini

1. Nampan Plastik

Bagi Anda yang kerap berpergian dan menggunakan pesawat sebagai sarana transportasi, pasti sudah tak asing dengan tahapan pemeriksaan di bagian keamanan bandara. Biasaya setiap melalui bagian ini, Anda akan diberikan nampan plastik untuk meletakkan berbagai barang sebelum melakukan proses pemeriksaan.

3 Trik Melepas Penat Saat Transit di Bandara

Namun kini Anda harus berhati-hati saat menjalani proses ini, pasalnya nampan plastik ini merupakan benda yang paling banyak menyimpan bakteri, bahkan jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan bakteri pada toilet bandara.

2. Layar Sentuh Mesin Self Check-In

Mesin self service, seperti self check in counter dan self baggage drop di bandara ternyata juga menjadi sarang berdiamnya banyak kuman. Parahnya mesin self service ini memiliki sekitar seribu bakteri lebih banyak dari pada tempat duduk umum di bandara. Hal tersebut dibuktikan dengan studi yang dilakukan oleh Insurance Quotes, yang melakukan tes untuk mengukur jumlah unit pembentuk koloni atau colony forming units (CFU) atau bakteri per inci persegi di beberapa daerah yang sering digunakan. Dari hasil studi, ditemukan 256.875 CFU di satu buah layar check in mandiri.

3. Kursi Pesawat

Sabuk pengaman dan sandaran tangan yang melekat pada bangku pesawat merupakan area paling kotor di dalam kabin pesawat. Di kursi penumpang ini terdapat sarang bakteri E. coli dalam jumlah terbanyak dibandingkan daerah lain dan beberapa bakteri lainnya. Fakta ini didapat dari penelitian yang dilakukan para peneliti dari Amerika Serikat. Bahkan sempat terjadi hal yang tak menyenangkan yang dialami seorang menumpang sebuah maskapai India. Di mana penumpang tersebut digigit oleh bed bug yang membuat beberapa bagian tubuhnya menjadi gatal-gatal dan muncul ruam kulit.

4. Tempat Sampah Keamanan

Tempat sampaha keamanan juga salah satu yang terkontaminasi oleh virus dan bakteri. Virus yang paling sering terdeteksi dalam penelitian ini adalah rhinovirus, penyebab flu.

Jadi jika Anda ingin berpergian dengan menggunakan pesawat atau pun sarana transportasi apapun, pastikan untuk membawa hand sanitizer dan tisu basah, untuk mencegah terjangkitnya bakteri dan virus.

(Visited 388 times, 1 visits today)