Bermasalah Dengan Tidur? Atasi Insomnia Yang Sedang Kamu Hadapi

0
6
insomnia

Insomnia adalah sebuah gangguan tidur yang banyak terjadi di masyarakat saat ini dan sudah bukan menjadi hal yang baru lagi.

Gangguan tidur biasanya terjadi karena kebiasaan yang kurang baik dari kamu, entah karena seringnya begadang atau padatnya pekerjaan sehingga kesibukan yang menyebabkan bermasalah dengan waktu istirahat kamu sendiri.

insomnia

Redupkan kamar tidurmu

Jagalah agar tetap tenang dan gelap. Tubuh kamu membutuhkan kegelapan untuk melepaskan melatonin yang membantu kamu tidur. Bisa juga menggunakan tirai dengan warna gelap atau masker mata. Matikan telepon seluler dan layar komputer, jauhkan agar kamu bisa fokus untuk istirahat.

Sering Gagal Fokus Saat Bekerja? Mungkin Ini Penyebabnya!

Tetapkan jam tidur dengan rutin

Hindari tidur di siang hari yang mungkin akan menghambat waktu kamu di malam hari serta memperlambat waktu tidur kamu. Kemudian tidurlah dan bangun pada waktu yang hampir bersamaan setiap harinya. Nikmati rutinitas malam hari kamu dengan mandi air panas, matikan gadget kamu setidaknya 40 menit sebelum kamu masuk, baca buku atau mainkan musik yang menenangkan.

Perhatikan apa yang kamu makan dan minum

Alkohol dapat mengganggu siklus tidur kamu, memang itu membantu kamu tidur awalnya, tetapi membangunkan kamu lagi beberapa jam kemudian. Hindari makan besar di malam hari terutama makanan berat atau pedas yang dapat menyebabkan sakit maag dan sakit perut. Jangan minum kopi setelah jam makan siang, penelitian menemukan kafein mengurangi waktu dan kualitas tidur kamu.

Tidur Jadi Lebih Nyenyak Karena Habis Bercinta? Yuk Bercinta Malam Ini…

Bangunlah apabila tidak bisa tidur

Jika kamu sering terbangun selama lebih dari setengah jam, baik ketika kamu pertama kali tidur atau jika kamu bangun di malam hari, bangun dan buat diri kamu nyaman di tempat lain dengan membaca buku atau mendengarkan musik. Kembalilah ke tempat tidur ketika kamu sudah mulai merasa lelah, ini akan membantu kamu mengartikan bahwa tempat tidur adalah untuk tidur dan bukan untuk terjaga.

Catat waktu tidur sebagai pengingat

Catat kebiasaan tidur kamu selama sebulan sebagai acuan. Berapa lama kamu tidur, apakah kamu bangun di malam hari. Cari pola yang dapat kamu ubah, dengan adanya catatan tersebut juga dapat membantu menentukan apa yang salah. Jika semuanya gagal, segera lakukan pemeriksaan karena insomnia terkait juga dengan depresi dan untuk beberapa orang gangguan tidur adalah tanda awal dari gejala insomnia.

(Visited 210 times, 1 visits today)