Betapa Pentingnya Membangun Loyalitas Pada Karyawan!

0
3
loyalitas

Survei menunjukkan bahwa profit sebuah perusahaan dihasilkan oleh karyawan mereka yang loyal. Betapa Pentingnya Membangun Loyalitas Pada Karyawan!

Apakah Anda sebagai seorang Pemimpin Perusahaan atau Top Manajemen melihat kondisi ini dalam organisasi Anda? Jangan terkejut dengan beberapa hasil penelitian bahwa lebih dari 60% karyawan bukan kategori loyal dan tengah aktif mencari pekerjaan baru di tempat lain.

Seorang ahli mengatakan jika Anda membayar 100% kepada orang yang tidak loyal dalam artian bekerja setengah hati maka Anda akan mengklaim kerugian sebesar 50% dari biaya gaji yang dikeluarkan.

Anda sebagai pimpinan tinggi sebuah perusahaan harus membangun suasana kondusif dalam mempertahankan karyawan terbaik dan meminimalisir jumlah karyawan yang tidak loyal.  Berikan penghargaan positif untuk menyemangati dan membuat mereka semakin engaged terhadap perusahaan.

Sederet Side Job Ini Cocok Untuk Mereka Para Pekerja Kantoran!

Buatlah program keterlibatan karyawan dalam membangun inisiatif dan perbaikan disetiap lini organisasi.  Cara demikian lebih efektif membangun Loyalitas Karyawan terhadap Perusahaan Anda sebagaimana dapat dijabar berikut:

1. Jadikan Perusahaan Anda Tempat Favorit

Sebagai tempat kerja, kantor Anda tidak harus seperti Google atau Facebook yang membuat suasana “Work Like at Home”.  Namun pastikan setiap karyawan merasakan kepuasan dan ketersediaan dalam karir mereka.

2. Ciptakan Peluang Bagi Karyawan

Keterlibatan dan partisipasi karyawan bukan hanya urusan kerja semata namun juga menyentuh aktivitas pribadi dan keluarga mereka, sehingga mereka akan lebih bahagia dan lebih aktif terlibat dan produktif dalam bekerja.  Kegiatan dalam komunitas mereka selain di kantor perlu difasilitasi untuk membangun mental dan jiwa mereka.

3. Sediakan Kotak Saran

Selalu buka pintu Anda dalam menampung dan berdiskusi setiap waktu.  Saran dan masukan mereka bukan menunjukkan sikap cengeng dalam bekerja, melainkan bentuk dan cara mereka mencapai performa yang mungkin tidak Anda harapkan mereka lakukan.  Lepaskan Kreativitas mereka dalam bekerja dengan tetap memperhatikan kontrol dan monitoring dalam prosesnya.

Pertanda Harus Resign Dari Kantor Yang Sekarang

4. Kegiatan Team Building

Kebersamaan dalam Tim akan membuat suasana kerja makin kondusif dan tingkat produktivitas semakin besar. Kegiatan menyatukan karyawan ini tidak hanya melulu seperti kegiatan Outing (Outbound) namun bisa berupa aktivitas sosial kemasyarakatan, seperti Donor Darah, Kunjungan Panti Asuhan, Pasar Murah dan lainnya. Keterlibatan mereka akan membangun Kebersamaan dalam Tim Anda.

5. Program Berkelanjutan

Program pemberdayaan karyawan untuk membangun loyalitas ini tidak mungkin hanya berlangsung sekali saja, namun merupakan sebuah proses yang berkelanjutan dan terus dengan tekun dilakukan. Coba Anda pikirkan bentuk kegiatan yang impresif dan aktif dalam membuat karyawan Anda loyal.

Ingat, loyalitas karyawan tergantung bagaimana Anda memperlakukan mereka..

(Visited 21 times, 1 visits today)