Brand Fashion ElgaandRina Bawa Tenun Sengkang ke Industri Fesyen

0
1
ElgaandRina

Melestarikan wastra Indonesia bisa dengan seribu satu cara. Salah satunya dengan industri fesyen. Brand Fashion ElgaandRina Bawa Tenun Sengkang ke Industri Fesyen

Kain merupakan warisan leluhur yang teknik pembuatannya dikerjakan dengan prisip sederhana. Yaitu hanya dengan menggabungkan benang menggunakan alat tenun, hasilnya menampilkan desain kain yang unik dan khas.

Salah satu kain tenun warisan leluhur yang ada di Indonesia adalah Tenun Sengkang. Kain tenun yang berasal dari suku Bugis, Makasar, Sulawsi Selatan. Dahulu, tenun ini hanya dipakai sebagai kain biasa yang dililit atau sarung.

Ditemui kala jumpa pers di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (2/5), Elga mengatakan keputusannya mengkreasikan tenun Sengkang bersama sang sahabat, Rina Saud dalam lini fashion ElgaandRina, adalah demi mengangkat citra kain tenun beserta para perajinnya.

Ia berharap tenun bisa menyamai kepopuleran batik di kalangan masyarakat.

Makin Indonesia, Tehbotol Sosro Gandeng Damn! I Love Indonesia Menuju Level Internasional

“Kekayaan kerajinan tangan khas inilah yang menggelitik saya untuk berkreasi menghasilkan sebuah desain yang cantik dan elegan. Dengan mengangkat konsep menggabungkan tenun dan bordir ini, kami merasa turut melestarikan kerajinan tangan Indonesia. Kami pun ingin perajin tenun dan bordir keberadaannya tidak punah,” jelasnya.

Sebagai persembahan perdana, brand ElgaandRina menampilkan 45-50 outfit, yang terdiri dari empat kategori. Sebut saja koleksi tenun Sengkang, Ramadan, Cocktail, dan juga kebaya modifikasi.

Dalam lini fashion ini, penggunaan kain tenun dan bordir kontemporer menjadi ciri khas mereka, untuk menampilkan suatu karya yang anggun, dinamis dengan kualitas bahan terbaik dan desain modern yang dapat diterima pasar internasional.

Untuk itu, ElgaandRina menargetkan untuk membidik pasar wanita dewasa yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Banyak wanita yang tangguh di desa-desa yang terpaksa menjadi kepala keluarga dan harus menghidupi anak-anaknya. Dengan keterampilan memenun tentunya dapat mengangkat derajat kaum perempuan untuk lebih mandiri.

(Visited 161 times, 1 visits today)