Inilah 5 Buah yang Dijuluki Sebagai Buah Istimewa saat Puasa!

0
2

Disebut-sebut buah ini sangat istimewa saat puasa karena memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh dikala puasa, apa saja?

 

Bulan Ramadhan itu punya ciri khas. Tengok saja, salah satu ciri khas dari bulan penuh berkah ini adalah kehadiran makanan termasuk buah-buahan yang muncul dadakan.

Dijual-belikan di daerah pedesaan atau pinggir jalan perkotaan. Pasar swalayan atau juga di pasar tradisional. Soal harga sih relatif, tapi kenikmatannya pas disantap tentu tiada-duanya.

Nah, berikut ini ada buah-buahan segar yang popular di bulan puasa.

1. Timun Suri

Buah ini termasuk kurang popular di bulan selain bulan puasa. Tapi pas bulan puasa tiba, yang menjajakan seperti jamur di musim penghujan. Buah yang masuk dalam keluarga labu-labuan ini bisa diolah jadi minuman segar untuk berbuka puasa.

Sampai sekarang sih ini belum ada rekaman sejarah yang bilang kenapa timun suri itu identik dengan Ramadhan. Namun, kemungkinan besar saking banyaknya permintaan timun suri pas bulan puasa membuat banyak petani berbondong-bondong menanam timun suri.

2. Blewah

Nah, blewah yang kaya akan air ini cocok banget jadi teman berbuka puasa. Enaknya, buah ini jangan langsung dimakan! Tapi diolah atau dicampur buah-buahan lainnya. Apalagi ditambah es sirup. Duh! Tenggorakan yang kering kerontang pun bisa hilang entah kemana.

Agar Puasamu Nggak Batal, Coba 5 Tips Pacaran yang “Aman” Selama Bulan Ramadhan Ini!

3. Kelapa Muda

Cuaca terik, air liur langsung menetes di saat air kelapa didepan mata. Kelapa ini sungguh ajaib. Tak hanya airnya saja yang bisa diminum dingin-dingin. Tapi daging dalamnya juga bisa disantap dengan lahap.

Kini, air kelapa atau es kelapa, rasanya tak monoton. Varian rasa banyak dijajakan. Tersedia beragam rasa dari es kelapa rasa alpukat, durian, dan rasa lainnya. Untuk membelinya juga tak pakai susah karena yang jual es kelapa di bulan puasa banyak!

4. Kolang-kaling

Yang sering jalan-jalan ke pasar tradisional, pasti sering menemui buah mungil yang satu ini. Biasanya kolang-kaling ini ditempatkan di ember-ember yang penuh dengan air didepan kios penjualnya. Ngambilnya pun terkadang pakai gayung.

Nah, sebelum memakannya, ingat ya dicuci bersih agar tak ada kuman. Kolang-kaling bisa dimasak untuk kolak, dibuat es pakai sirup, bisa juga dibuat manisan yang pasti enaknya bikin ketagihan.

Puasa Kok Perut Malah Buncit? Jangan Cemas, Hindari dengan 5 Cara Ini..

5. Kurma

Kandungan gula berbentuk glukosa dan fruktosa yang terdapat pada Kurma sangat bermanfaat untuk menambah pasokan energi bagi tubuh. Jaringan-jaringan penting dalam tubuh, seperti sel-sel otak, sel tulang belakang, sel darah merah, dan sel-sel saraf membutukan asupan energi yang banyak agar bisa kembali bekerja dengan maksimal. Makanya, kurma sangat baik konsumsi di bulan puasa, khususnya pada saat berbuka puasa.

(Visited 22 times, 1 visits today)