Buat yang Hobi Jalan-Jalan, 5 Spot Wisata di Sumba Ini Wajib Kalian Sambangi!

0
1
sumba

Meski tidak sepopuler Bali dan Lombok, keindahan alam di Sumba, Nusa Tenggara Timur begitu memesona. Buat yang Hobi Jalan-Jalan, 5 Spot Wisata di Sumba Ini Wajib Kalian Sambangi!

Sebagian wisatawan mungkin belum terlalu akrab dengan Pulau Sumba, salah satu pulau yang berada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau yang terdiri atas 4 kabupaten ini berbatasan dengan Sumbawa, Flores, Timor, dan Australia. Meskipun belum terlalu populer, tempat wisata di Sumba sebenarnya tak kalah indah dari Bali dan Lombok.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke Sumba dalam waktu dekat, berikut 5 objek wisata yang bisa dipilih.

1. Desa Rotenggaro

Bila Anda ingin membaur dengan penduduk lokal, berkunjunglah ke Desa Rottenggaro. Di desa ini, Anda dapat mempelajari bahasa, budaya, dan kebiasaan-kebiasaan penduduk setempat yang masih erat memegang budayanya. Bonusnya, Anda pun bisa mencicipi masakan khas Sumba yang eksotis. Di Desa Rottenggaro, terdapat rumah tradisional khas Sumba yang terbuat dari bambu.

Tahun 2018, 5 Tren Traveling Ini Banyak Disukai. Nomor 4 Paling Seru!!

2. Pantai Bawana

Pantai ini sangat anggun dengan tebing-tebing batunya yang memesona. Sebuah batu berbentuk lengkungan besar yang tampak seperti gerbang terlihat anggun berdiri di salah satu area pantai. Keunggulan Pantai Bawana adalah kondisi pasirnya yang putih dan lembut. Selain suasana pantai yang indah, pemandangan di sekitarnya yang berwarna hijau juga tentu menjadi daya tarik tersendiri.

3. Bukit Warinding

Kamu ingat salah satu adegan berkuda Nicholas Saputra di film Pendekar Tongkat Emas? Ya, film Pendekar Tongkat Emas menghadirkan keindahan Bukit Warinding. Perbukitan hijau yang membentang ini dapat diakses dari ibukota Sumba Timur, Waingapu menuju ke Waikabukak. Bukit ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga tercinta.

4. Desa Adat Rende

Selain wisata pantai, kamu juga bisa mengunjungi Desa Adat Rende yang terletak di Desa Rende, Sumba Timur. Butuh waktu berkisar 30 menit dari kota Wangaipu, ibukota Sumba Timur untuk sampai ke desa tersebut yang akan memperlihatkan kehidupan masyarakat yang menganut keyakinan Marapu serta berbagai rumah adat dan tenun hasil karya masyarakat setempat.

Biar Mesra Abis, Yuk Kasih 7 Tip Praktis Buat Si Dia Pas Mau Traveling

5. Waikelo Sawah

Waikelo Sawah merupakan objek wisata berupa air terjun dan bendungan buatan. Awalnya, air terjun ini merupakan bagian dari pembangkit listrik tenaga air dan telah dikelola sejak 1976 oleh pihak pemerintah. Waikelo Sawah memiliki debit air hingga 1.000 liter per detik.

Pemandangan di sekeliling Waikelo Sawah sangat cantik. Panorama alamnya memesona dan masih alami. Warna hijau tanaman yang tumbuh subur di tebing-tebing sekelilingnya membuat suasana menjadi terasa sejuk.

(Visited 38 times, 1 visits today)