Bukan Cuma Ada di dalam Rokok, Nikotin Juga Ditemukan Pada Makanan Ini..

0
2
dalam rokok

Selama ini, nikotin dianggap sebagai salah satu zat berbahaya dari rokok dan harus dihindari. Bukan Cuma Ada di dalam Rokok, Nikotin Juga Ditemukan Pada Makanan Ini..

Dalam kadar yang sangat kecil nikotin dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya untuk kesegaran jasmani. Namun, jika terlalu besar bakal membahayakan tubuh. Nikotin tidak hanya didapat dari tembakau. Beberapa makanan seperti kembang kol atau tomat juga mengandung senyawa tersebut.

Kol dan Tomat

Mengutip dari Livestrong, konsentrasi nikotin yang terkandung dalam kembang kol adalah 16,8 nanogram per gram. MyHealthyFoods.com juga menyatakan bahwa sayuran ini merpakan sumber vitamin K, C, folat, dan serat yang baik. Sehingga, mengonsumsinya secara teratur akan memberikan manfaat kesehatan seperti perlindungan dari kanker, detoksifikasi dalam tubuh, serta melindungi dari rheumatoid arthritis.

Awas, Naik Motor Sambil Merokok Bisa Didenda Rp 750 Ribu Lho!

Sementara, untuk jenis tomat hijau, United States Department of Agriculture menyatakan bahwa nikotin yang terkandung dalam buah ini mencapai 42,8 nanogram per gram. Mereka juga mengandung fosfor, kalium, dan vitamin C yang baik selama dikonsumsi dengan cukup.

Salah satu makanan yang juga kaya akan nikotin dalam jumlah cukup adalah terong. Michael T. Murray dalam “The Encyclopedia of Healing Foods” menyatakan bahwa sayuran ini mengandung konsentrasi hingga 100 nanogram per gram serta merupakan sumber serat, vitamin B1 dan B6 yang baik. Mereka juga mengandung antioksidan bernama nasunin yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Nikotin sendiri merupakan zat adiktif yang ada dalam rokok. Senyawa ini bisa membuat seseorang merasa ketagihan dan akan selalu tidak puas. Maka dari itu, ketika seseorang sudah terpapar nikotin dan mengalami masalah fisik akibat rokok seperti sakit jantung, kedua hal tersebut harus mendapatkan pengobatan.

Nikotin sendiri bukan satu-satunya zat mematikan yang harus dihadapi oleh perokok aktif. Senyawa lainnya adalah tar.

(Visited 338 times, 1 visits today)