Bukan Xavi dan Pochettino, Ini Dia Sosok Pelatih Baru Barcelona

0
3
Barcelona

Dua nama Xavi Hernandez dan Pochettino sempat dirumorkan bakal melatih Barcelona menggantikan Valverde. Bukan Xavi dan Pochettino, Ini Dia Sosok Pelatih Baru Barcelona

Barcelona memutuskan memecat Ernesto Valverde dan menggantinya dengan Quique Setien. Pergantian pelatih ini tidak sepenuhnya menimbulkan kelegaan karena latar belakang Setien yang tak bergelimang gelar juara dan namanya masih asing di telinga banyak orang.

Setien sudah berusia 61 tahun, tergolong pelatih veteran dan jam terbang yang cukup tinggi. Setien sudah dua dekade jadi pelatih, mulai dari menangani Racing Santander di tahun 2001.

Perjalanan karier Setien terbilang biasa-biasa saja. Ia hanya menangani klub-klub tak populer macam Logrones, Lugo, Las Palmas hingga Real Betis. Dari daftar klub tersebut, hanya Real Betis yang terbilang cukup punya nama di sepak bola Spanyol.

Ibrahimovic Sumbang Satu Gol Saat AC Milan Kalahkan Cagliari

Dengan berkiprah di tim-tim kecil, Setien belum pernah memiliki kesempatan mendekap trofi juara dlam kariernya sebagai pelatih. Meski tak punya latar belakang yang mentereng, ada alasan kuat yang mendorong Setien bisa dipilih Barcelona. Salah satunya adalah pola main Setien yang mirip dengan pola main Barcelona.

Sejak dulu, Setien adalah pengagum Johan Cruyff. Setien mengaku Cruyff sukses menunjukkan sepak bola bisa dimainkan dengan lebih baik lewat pola permainan yang dikembangkannya.

Di musim lalu, Setien berhasil membawa Betis mengalahkan Barcelona di Camp Nou dengan skor 4-3. Bukan hanya Barcelona, Setien juga mampu membawa Betis mengalahkan Real Madrid dengan skor 2-0 di Santiago Bernabeu.

Setien tidak pernah menutupi keinginannya untuk melatih Barcelona. Ia sudah sempat dirumorkan jadi pelatih baru Barcelona pada tahun lalu namun akhirnya Blaugrana memutuskan Valverde tetap bertahan.

Kini Setien punya materi pemain yang lebih bagus untuk mendukung pola main yang diterapkannya. Setien kini bisa mengikuti jejak Cruyff mengantar Barcelona, bukan lagi hanya sekadar mengagumi pencapaian tersebut.

(Visited 83 times, 1 visits today)